press enter to search

Rabu, 30/09/2020 12:42 WIB

Polisi Minta Kedubes Swiss Bantu Cek ke Bank DBS Keaslian Deposito Sunda Empire

Redaksi | Jum'at, 14/02/2020 16:10 WIB
Polisi Minta Kedubes Swiss Bantu Cek ke Bank DBS Keaslian Deposito Sunda Empire Petinggi Sunda Empire Ranggasasana kenakan baju tahanan. (ist)

BANDUNG (Aksi.id) - Penyidik masih mendalami keterangan tiga petinggi Sunda Empire yakni Nasri Banks, Raden Ratna Ningrum, dan Ki Ageng Ranggasasana.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga menyebut, polisi telah meminta bantuan ke Kedutaan Swiss terkait deposito senilai 500 juta USD di Bank DBS (Development Bank of Singapore).

Permintaan bantuan, sambung Erlangga, dimaksudkan untuk mengungkap kebenaran ada atau tidaknya deposito yang ditawarkan kepada para pengikut Sunda Empire. Hingga kini, dia mengaku masih menunggu hasil keterangan yang diperoleh dari Bank DBS.

Adapun deposito tersebut, kata Erlangga, memiliki sertifikat yang telah disita polisi dan dijadikan sebagai barang bukti. Sertifikat diketahui merupakan milik Nasri Banks yang menjabat selaku Perdana Menteri.

"Untuk sampai sekarang hasil itu belum ada dan kita masih menunggu keterangan dari DBS Bank terkait dengan keabsahan deposito itu," kata dia di Polda Jabar, Jumat (14/2).

Selain menunggu keterangan dari Bank DBS, Erlangga mengatakan, penyidik sedang menunggu hasil pemeriksaan psikologi para petinggi Sunda Empire. Kemungkinan hasil pemeriksaan akan diperoleh polisi pada pekan depan.

"Untuk pemeriksaan psikologi masih menunggu hasil pemeriksaan yang telah dilaksanakan oleh psikolog dari kita. Mungkin Minggu depan sudah ada hasil dari psikolog," tutur dia.

Sebelumnya, Ki Ageng Ranggasasana mengklaim Sunda Empire merupakan lembaga tingkat dunia yang memiliki tujuan untuk menyejahterakan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Menurut dia, Sunda Empire beranggotakan negara dan pemerintahan di dunia.

Rangga menambahkan, Sunda Empire terdiri atas enam wilayah yang meliputi Atlantik sebagai pusat ibu kota dunia yang berada di Bandung sebagai titik nol, Sunda Nusantara, Sunda Archipelago, Sunda Eropa, Sunda Pasific, dan Sunda Mainland. (ds/sumber kumparan)