press enter to search

Sabtu, 29/02/2020 15:02 WIB

Digunakan Piala Dunia U-20, Stadion Manahan Solo Diresmikan Presiden Jokowi Nanti Malam

Redaksi | Sabtu, 15/02/2020 12:58 WIB
Digunakan Piala Dunia U-20, Stadion Manahan Solo Diresmikan Presiden Jokowi Nanti Malam Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mensesneg Praktikno, dan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) saat meninjau Stadion Manahan Solo. (ist)

SOLO (Aksi.id) - Stadion Manahan Solo yang baru direnovasi untuk venue pertandingan Piala Dunia U-20 2021 rencananya diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (15/2/2020) malam.

Peresmian salah satu venue Piala Dunia U-20 tersebut terkesan mendadak mengingat sebelumnya belum masuk agenda Presiden. Peresmian itu juga akan dihadiri suporter Persis Solo, Pasoepati. Setelah itu, dilanjutkan laga antara Persis Solo dan Persib Bandung.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan, peresmian Stadion Manahan terkesan tiba-tiba karena dirinya yang meminta langsung ke Presiden Jokowi.

“Saya minta besok kalau berkenan hadir, ada sepak bola, mencoba lapangan. Kalau berkenan lagi diresmikan sekalian,” katanya saat mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Praktikno, dan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rahman meninjau Stadion Manahan terkait persiapan peresmian oleh Presiden Jokowi, Jumat (14/2/2020) sore.

Dengan peresmian itu, kata dia, harapannya pengelolaan stadion sekaligus dapat diserahkan kepada Pemkot Solo. Semula, peresmian akan dijadwalkan akhir Februari 2020.

Dalam perbincangan dengan Jokowi, Rudy juga menyampaikan bahwa hal ini sebagai awal edukasi untuk suporter dan pemain. Sebab Persis Solo yang bermain di Liga 2 akan menggunakan Stadion Manahan sebagai kandang.

“Sehingga saat menonton di Stadion Manahan besok, penonton sudah memakai gelang semua. Gelang itu sebagai tiket sekaligus tempat duduk yang harus ditempati,” katanya.

Sebelum peresmian, nantinya juga ada laga antara Pemkot Solo melawan Pemrov Jawa Tengah, dan wartawan melawan suporter Pasoepati.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, peresmian Stadion Manahan semula akan dibarengkan dengan peresmian Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo, akhir Februari 2020.

Namun karena ada laga Persis Solo melawan Persib Bandung, Wali Kota Solo meminta untuk sekalian diresmikan. Peresmian ini sekaligus untuk melihat persiapan dalam menyongsong Piala Dunia U-20 tahun 2021 nanti. “Ada empat stadion pendukung yang harus diperbaiki,” ucapnya. (ds/sumber iNews.id)


Artikel Terkait :

-