press enter to search

Minggu, 29/03/2020 06:01 WIB

Presiden Hadiri Kenduri Kebangsaan di Bireuen Aceh

Redaksi | Jum'at, 21/02/2020 14:15 WIB
Presiden Hadiri Kenduri Kebangsaan di Bireuen Aceh Presiden Joko Widodo. (ist)

ACEH (Aksi.id) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan berkunjung ke Aceh, Jumat 21/2)ini. Selain menghadiri Kenduri Kebangsaan di Sekolah Sukma Bangsa Bireuen, Jokowi juga akan memantau pembangunan jalan tol di Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

Informasi diperoleh, Jokowi tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang pukul 16:30 WIB. Direncanakan akan bermalam di Hotel Kryad Muraya. Tampak sudah ada penjagaan di hotel yang berada di pusat kota Banda Aceh.

"Rencananya Pak Jokowi nantinya juga akan meninjau langsung progres pembangunan Tol Banda Aceh- Sigli ini," kata Asisten II Setda Aceh, Teuku Ahmad Dadek, Jumat (21/2).

Dia menyatakan tol Aceh itu adalah salah satu proyek besar pemerintahan Jokowi yang nantinya akan menghubungkan Aceh dengan daerah lain di Sumatera.

Jelang kedatangan Presiden Joko Widodo ke Aceh, sebutnya, Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah meninjau progres pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) di Aceh Besar yaitu ruas Blang Bintang-Jantho, Kamis (20/02).

Berdasarkan tinjauan, progres pembangunan jalan yang masuk dalam satu proyek strategis nasional itu sangat signifikan. Pembangunan jalan bebas hambatan tersebut menunjukkan progres yang menggembirakan.

Dari beberapa lokasi yang dituju Sekda bersama tim, pihak Hutama Karya selalu pemegang mandat pengembangan jalan tol Trans Sumatera menjelaskan lokasi beberapa titik pintu keluar masuk tol.

Di antara area yang ditinjau adalah rest area seksi 4 perbatasan Blang Bintang-Indrapuri. Pihak pengelola menjelaskan rest area tersebut masuk dalam kategori tipe A, di mana akan dilengkapi fasilitas yang komplit seperti ketersediaan tempat pengisian bahan bakar bagi kendaraan yang melintas. Luas kiri-kanan jalan pun mencapai 5 kilometer.

Selain di rest area Blang Bintang-Indrapuri, rombongan yang terdiri dari Kepala Dinas PUPR Fajri serta Jubir Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani, juga meninjau rest area di kawasan Lampanah Indrapuri dan Jantho. (ds/sumber merdeka)