press enter to search

Minggu, 29/03/2020 07:20 WIB

Di Rakornis Balitbanghub, Luhut: Ibu Kota Efektif Pindah Kuartal I 2024

Dahlia | Rabu, 26/02/2020 12:22 WIB
Di Rakornis Balitbanghub, Luhut: Ibu Kota Efektif Pindah Kuartal I 2024 Foto:istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan ibu kota pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur pada kuartal I 2024.

Penegasan Luhut disampaikan saat pembukaan Rakornis Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) bertema Merajut Konektivitas Ibu Kota Negara, Rabu (26/2/2020).

Dalam rakornis, yang diwarnai debgan dialog Indonesia tentang konektivitas ibu kota negara baru, hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Balitbanghub Umiyatun Hayati Triastuti, Kepala BPSDM Perhubungan Sugihardjo, dan pejabat lainnya.

Luhut menuturkan dengan pemindahan ibu kota negara ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara maka seluruh kegiatan pemerintahan pusat, termasuk SDM, bekerja efektif.

Dia mengutarakan ibu kota negara akan dikelola oleh Badan Otorita, yang dikepalai pejabat setingkat menteri dan bertanggung jawab langsung ke Presiden.

Salam konteks transportasi di ibu kota baru, dia menegaskan berbasis kepada kendaraan berenergi listrik (electric vehicle).

Berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Perhubungan, dia menjelaskan untuk transportasi publik antara lain akan dibangun Automous BRT san Autonomous Railway. Sedangkan transportasi pribadi berbasis electric vehicle dan AV Level 2.

30 Investor

Dalam kesempatan itu, Luhut juga mengungkapkan setidaknya ada 30 perusahaan besar berminat investasi di Ibu Kota Baru. Perusahaan tersebut berasal dari dalam dan luar negeri serta bergerak di berbagai bidang, mulai dari perusahaan listrik, otomotif, dan pompa air.

“Dari Saudi, Uni Emirat Arab, Hungaria, Amerika, Jepang, Tiongkok, Australia, banyak,” kata Luhut.

(della/fahmi).