press enter to search

Rabu, 24/04/2024 02:34 WIB

Kemenhub Terus Kembangkan Pelabuhan Tol Laut

Dahlia | Kamis, 12/03/2020 21:05 WIB
Kemenhub Terus Kembangkan Pelabuhan Tol Laut Foto:istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Wisnu Handoko, mengungkapkan bahwa masih banyak tugas yang harus dikerjakan dalam mengembangkan pelabuhan yang berkaitan dengan tol laut.

Dia menjelaskan pengembangan pelabuhan perlu dilakukan untuk mengantisipasi semakin tingginya kebutuhan masyarakat terutama di Indonesia timur.

Menurutnya jika subsidi tol laut ditambah maka akan meningkatkan aktivitas di pelabuhan yang menjadi tempat bersandar kapal tol laut.

“Kapal yang ingin bersandar tapi tidak seimbang dengan kapasitas pelabuhannya pasti akan jadi macet. Inilah yang menjadi tantangan Kemenhub,” katanya.

Wisnu juga menjelaskan terdapat beberapa daerah yang tinggi distribusi barang. Seperti di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar distribusi barang bisa di atas 700 ton lebih pada 2019. Daerah lain yang juga tinggi distribusi barangnya yakni Tidore, Raha, dan Dobo.

Meski distribusi barang tinggi, Wisnu mengakui pelabuhan di daerah tersebut cukup kecil.

“Bisa sandar paling dua kapal ukuran besar. Kalau sudah ada kapal perintis dan yang lainnya, itu sudah tidak bisa kapal tol laut bersandar,” ucapnya.

Keyword Tol laut