press enter to search

Jum'at, 29/03/2024 21:28 WIB

BPSDMP-Muhammadiyah Jajaki Kerja Sama Pengembangan SDM Transportasi Laut

Dahlia | Jum'at, 13/03/2020 20:15 WIB
BPSDMP-Muhammadiyah Jajaki Kerja Sama Pengembangan SDM Transportasi Laut Foto:istimewa

YOGYAKARTA (aksi.id) – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) bersama Muhammadiyah jajaki kerja sama pengembangan SDM transportasi laut.

Pembahasan dipimpin Kepala BPSDMP Sugihardjo dan Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah Lincolin Arsyad, di kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Kamis (12/3/2020).

“Ini merupakan tindak lanjut pertemuan antara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan Ketua Umum Muhammadiyah Prof.Dr. KH. Haedar Nashir, 16 Januari 2020 yang dihadiri Sekretaris Majelis Diktilitbang Muhammadiyah M. Sayuti dan Staf Khusus Menteri Perhubungan Prof. Wihana Kirana Jaya dan Abdulhamid Dipopramono,” tutur Sugihardjo.

Rencananya tiga Universitas milik Muhammadiyah di Maluku Utara, Kupang, dan Universitas Muhammadiyah Pekalongan, terkait pembukaan prodi pelayaran dan join studi antarperguruan tinggi di lingkungan Kemenhub.

“Kerja sama, yang akan kami lakukan dengan Muhammadiyah antara lain memberikan kompetensi, khususnya bidang transportasi laut kepada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah bekerjasama dengan perguruan tinggi di BPSDM Perhubungan, membuka prodi baru di Universitas Muhammadiyah, dan pemberian Diklat Pemberdayaan Masyarakat tipe keselamatan kepada masyarakat di sekitar kampus Muhammadiyah yang disepakati,” urainya.

Dengan kerja sama ini akan membuka peluang bagi para Dosen dari Universitas Muhammadiyah untuk dapat memberikan materi perkulihan di perguruan tinggi yang berada di lingkungan Kemenhub.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut (PPSDMPL), Capt. Sahattua P. Simatupang, menyampaikan, PPSDMPL telah melakukan mapping terkait rencana kerja sama BPSDMP dan Muhammadiyah, yang akan berfokus pada pengembangan pendidikan pelayaran, yang dapat diimplementasikan melalui Sekolah Matra Laut di lingkungan BPSDM Perhubungan.

“PPSDMPL sudah melakukan mapping program kerja sama yang dapat diimplementasikan, dan didapat empat program yang bisa dilaksanakan, yaitu Program dual degree bagi taruna di lingkungan BPSDM Perhubungan atau mahasiswa di Universitas Muhammadiyah, Penelitian serta seminar bersama, pemanfaatan aset dalam penyelenggaraan DPM, dan membuka prodi vokasi di Universitas Muhammadiyah yang disepakati masing-masing D.III/D.D.IV Transportasi Laut,” tutur Sahattua.

Rencananya Kerja sama (Mou) nanti akan ditandatangani Kepala BPSDMap dengan Majelis Pendidikan Tinggi Muhammadiyah pada April.

MoU tersebut, nantinya akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara perguruan tinggi matra laut di lingkungan BPSDMP dengan Universitas Muhammadiyah. (omy)