press enter to search

Sabtu, 11/07/2020 19:21 WIB

FPI Keluarkan Maklumat Terkait Corona, Minta Muslim Baca Qunut Nazilah

Redaksi | Senin, 16/03/2020 13:42 WIB
FPI Keluarkan Maklumat Terkait Corona, Minta Muslim Baca Qunut Nazilah Ketua Umum FPI Sobri Lubis. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Ormas Front Pembela Islam atau FPI mengeluarkan maklumat terkait wabah virus corona Covid-19 yang sudah menjadi pandemi.

FPI mengimbau masyarakat khususnya umat Islam untuk terus menjaga salat dan membaca Qunut Nazilah.

Maklumat itu dikeluarkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Front Pembela Islam pada 15 Maret 2020 yang ditandatangani Ketum FPI Ahmad Shobri Lubis dan Sekretaris Umum FPI Munarman, serta diketahui langsung oleh Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab.

Dalam maklumat itu, seluruh anggota FPI diminta untuk aktif menyosialisasikan cara-cara pencegahan penyebaran virus kepada masyarakat dengan sering mencuci tangan, dan terus berdoa dengan tidak meninggalkan salat lima waktu dan upayakan selalu memiliki wudhu, tunaikan zakat dan banyaklah bersedekah.

"Biasakan puasa sunnah Senin Kamis atau puasa sunnah Daud, serta puasa sunnah Ayyaamil Biidh, mohon perlindungan Allah SWT dengan rutinkan baca Al-Qur`an, Dzikir, Wirid, Hizib, Rotib, Istighfar & Sholawat, serta Burdah, belajar karantina diri di rumah sendiri, sehingga jangan keluar rumah jika tidak perlu, amalkan Thibbun Nabawi dan ikuti petunjuk medis yang terpercaya, jangan takut atau khawatir yang berlebihan, tapi wajib ikhtiyar dan tawakkal," tulis Maklumat yang diterima Suara.com dari Kuasa Hukum DPP FPI, Azis Yanuar, Senin (16/3/2020).

Secara khusus, mereka juga meminta umat Islam seluruh Indonesia untuk membaca Qunut Nazilah di setiap sholat dan sedapat mungkin menghindari tempat tempat keramaian.

"Tapi dianjurkan tetap memakmurkan masjid dengan shalat lima waktunya sambil terus menjaga kebersihan diri dan lingkungan masjid," ucapnya.

Tentang Qunut Nazilah

Qunut sendiri terbagi menjadi dua bagian yakni, Qunut Subuh dan Qunut Nazilah. Qunut Subuh di baca dalam salat Subuh pada i`tidal rakaat akhir.

Sedangkan Qunut Nazilah dibaca selain pada salat Subuh namun bisa juga dibaca pada salat subuh. Makna dari doa qunut nazilah lebih kepada meminta perlindungan dari marabahaya. (ds/sumber suara.com)