press enter to search

Senin, 30/03/2020 01:50 WIB

Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Bahan Alami, Murah & Tanpa Tambahan Alkohol

Redaksi | Kamis, 19/03/2020 15:19 WIB
Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Bahan Alami, Murah & Tanpa Tambahan Alkohol

Aksi.id - Saat ini hand sanitizer merupakan salah satu benda yang sedang banyak diburu masyarakat.

Tak heran jika stok hand sanitizer di sejumlah toko makin menipis, bahkan sudah tidak tersedia dalam kurun beberapa hari terakhir. 

Namun, Anda tak perlu khawatir, sebab hand sanitizer juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di pasaran. 

Informasi mengenai cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami ini sudah diuji coba oleh Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Surabaya.

Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR, Dr Retno Sari menjelaskan cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami.

"Sebenarnya pembuatan hand sanitizer banyak digunakan di mana bahan aktifnya adalah etanol dengan kadar 70 persen itu mudah pembutannya, hanya masyarakat umum untuk mendapatkan bahan bakunya mungkin tidak mudah ya, karena ada persyaratan khusus," jelas Retno Sari

Retno merasa tidak semua orang bisa menemukan etanol sehingga ia berinisiatif untuk menggunakan bahan lain yang lebih mudah dicari, yakni daun sirih. 

 

 EKSTRAK LIDAH BUAYA - Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) yang tergabung dalam Kelompok Studi Mahasiswa Cosmetology Study Group (KSM CSG) membuat hand sanitizer dari bahan ekstrak lidah buaya (Aloe Vera) di laboratorium Semi Solid Likuid, Kampus Tenggilis, Jumat (6/3). Kegiatan itu sebagai upaya preventiv pencegahan penyebaran virus Corona (Covid 19) di sekitar kampus. (surya.co.id/ahmad zaimul haq)

 

"Sebenarnya ini hasil penelitian kami sudah sejak 2006, pada saat itu sedang flu burung. Nah kita membuat alternatif hand sanitizer dari alam dengan bahan daun sirih," jelasnya.

Retno pun menuturkan, ia menambahkan bahan lain pada penelitiannya itu sehingga hand sanitizer yang bisa digunakan semua orang.

"Kemudian Maret kita coba menambahkan bahan lain yang juga mempunyai efek anti bakteri dan juga untuk mengatasi masalah pada sirih sendiri," kata dia.

 

Daun sirih, kata Retno Sari, menjadi salah satu bahan yang sering digunakan sebagai antiseptik.

"Nah kalau ada di rumah, kita bisa gunakan rebusan daun sirih, kemudian karena daun sirih ini mudah teroksidasi, jadi warnanya biasanya berubah menjadi cokelat. Nah ini bisa diatasi dengan menambahkan jeruk nipis, nanti dia bisa mencegah oksidasi," terangnya kemudian.

Ia berharap masyarakat bisa mencoba hand sanitizer sendiri ini di rumah.

"Tidak perlu terjadi kepanikan ya untuk membeli hand sanitizer sampai memborong dan segala macam, masyarakat bisa membuat hand sanitizer untuk penggunaan sendiri, tapi tidak untuk diperjual belikan, karena tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama," kata dia.

Berikut bahan dan langkah pembuatannya:

Bahan-bahan:

Daun sirih 50 gram
Air 200 ml
Jeruk Nipis

Cara membuat:

Ambil 50 gram daun sirih dari halaman, kemudian cuci bersih dan diangin-angin supaya kering
Dipotong-potong kecil
Panaskan air 200 ml
Tuangkan air panas ke daun sirih yang sudah dipotong-potong
Rendam kemudian steam dalam panci dengan api kecil selama 30 menit
Setelah itu disaring hingga dapat ekstra air
Tambahkan jeruk nipis
Aduk dan tambahkan air

Agar hasilnya tidak berwarna, pada saat penyaringan ditunggu sampai dingin dulu daun sirihnya, kemudian jeruk nipisnya kita masukkan dulu dalam wadah penyaringan, baru daun sirinya disaring di situ. Jadi warnanya akan bening.

"Baunya pasti memang daun sirih, tapi ini efektif. Jadi kadar daun sirih yang 15 persen ke atas itu sama efektifnya dengan etanol, kemampuan mengurangi jumlah bakteri, semoga bermanfaat," tutup Retno Sari. (ny/Sumber: Surya.co.id)