press enter to search

Minggu, 07/06/2020 00:06 WIB

Covidiot, Istilah Baru Orang Bebal Abaikan Perintah Social Distancing

Redaksi | Rabu, 25/03/2020 14:49 WIB
Covidiot, Istilah Baru Orang Bebal Abaikan Perintah Social Distancing Polisi merazia seorang wanita yang sedang duduk di bangku jalan Champs-Elysees di Paris, Prancis. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Beberapa negara telah memberlakukan lockdown untuk mencegah penularan virus corona. Tapi ada saja warga yang bebal, keluar rumah dan mengabaikan perintah social distancing. Untuk mereka ada istilah baru di internet: Covidiot.

Dari istilahnya, Covidiot adalah gabungan dari "COVID-19", penyakit yang disebabkan oleh virus corona, dan "idiot". Menurut laman kamus bahasa gaul dunia, Urban Dictionary, istilah ini punya dua arti.

Arti pertama Covidiot adalah seseorang yang mengabaikan peringatan terkait kesehatan atau keselamatan publik. Arti kedua adalah seseorang yang menimbun barang-barang, tidak memberikannya kepada tetangga.

Remoulade Sauce
@Remisagoodboy
Seen on Tumblr Today...the definition of a Covidiot 😁
Don’t be a Covidiot

Arti lainnya Covidiot yang bisa ditemukan di Twitter adalah "Orang bodoh yang dengan keras kepala mengabaikan aturan social distancing, sehingga membantu penyebaran COVID-19".

Urban Dictionary memberi contoh penggunaan kata Covidiot dalam kalimat: "Lihat enggak covidiot yang beli 300 gulung tisu toilet itu?" atau "Covidiot itu memeluk semua orang yang dilihatnya".

Kata ini menjadi bentuk kegeraman netizen melihat beberapa orang yang tidak peduli pada aturan social distancing atau mengabaikan perintah tinggal di rumah. Tagar #covidiot telah banyak digunakan di Twitter.

Berikut di antaranya:

dats"whimsi"cal
@calwhitejr
#SocialDistancing pictorial because a picture is worth a thousand words #COVIDIOT

SialSaab
@Sialsaab
Please Think for Others who needs little.. #coronavirus #COVIDActNow #COVIDIOTS

no its butters
@BtotheU
Absolutely LOVE this sign at the entrance to St Just, Cornwall. This isn`t a holiday period. It`s a global epidemic where social distancing is strongly advised by our government. You and your family are not immortal. Stay inside and travel only when necessary. #COVIDIOTS

Jon Jones
@JonJonesSnr
Change this ....  #COVIDIOT to #COVIDIOTS apparently this is a que outside Tesco in Dudley. What is wrong with people!!

Rosy
@rose_k01
Cop loses his cool when a #COVIDIOT disobeys #Lockdown & then starts arguing #StayHomeIndia Otherwise you might encounter this REAL SINGHAM if you go out on roads during #lockdown #StayAtHomeSaveLives #StayHomeStaySafe #CoronaUpdatesInIndia

Agar tidak menjadi covidiot, seseorang harus tetap berada di rumah untuk mencegah penularan virus corona, menjaga jarak dengan orang lain, atau berbelanja seperlunya. Karena bisa jadi walau merasa sehat, seseorang menjadi "invisible carrier" yang membawa virus dan menularkannya ke orang lain jika dia berkeliaran di jalan.

Itulah mengapa perintah lockdown dan kendali pergerakan dilakukan oleh beberapa negara. Bahkan negara-negara menurunkan kekuatan militer dan polisi untuk menegakkannya.(ds/sumber kumparan)

Artikel Terkait :

-