press enter to search

Kamis, 25/04/2024 16:35 WIB

3 Karyawan Freeport Papua Diberondong Tembakan KKB Pimpinan Joni Botak, 1 WNA Tewas

Redaksi | Senin, 30/03/2020 16:56 WIB
3 Karyawan Freeport Papua Diberondong Tembakan KKB Pimpinan Joni Botak,  1 WNA Tewas Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw. (ist)

PAPUA (Aksi.id) - Sebanyak 3 karyawan PT Freeport Indonesia diberondong tembakan, Senin (30/3/2020). Mereka ditembak diduga KKB pimpinan Jono Botak. Dari ketiga orang itu, 1 orang tewas. Mereka yang ditembak di antaranya Jibril MA Bahar dan Ucok Simanungkalit.

Semula informasi beredar menyatakan, ada seorang perempuan bernama Yosephine tertembak, namun ternyata bukan dia. Saat ini mereka dirawat di RS Kuala Kencana.

Adapun seorang WNA yang tewas bernama Greme Thomas Wall, konsultan layanan pusat, meninggal akibat luka tembak.

Kepala Polda Papua Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw menjelaskan, gerombolan bersenjata itu dari kelompok Joni Botak. Joni Botak ini juga dituduh menjadi pelaku penembakan di areal PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana. Personel gabungan TNI dan polisi masih mengejar mereka.

"KKB dilaporkan melakukan penyerangan dengan menembaki karyawan saat berada di OB 1 Kuala Kencana. Belum ada laporan terkait pengejaran yang dilakukan tim gabungan, karena anggota masih di lapangan," kata Waterpauw, seraya menambahkan, KKB pimpinan Joni Botak memang beroperasi di sekitar Kali Kopi.

Kawasan OB 1 merupakan perkantoran milik PT Freeport Indonesia, yang berada di Kuala Kencana yang juga merupakan pemukiman karyawan pertambangan terbesar di Indonesia itu. (ds/sumber antara)