press enter to search

Senin, 01/06/2020 18:59 WIB

Tips Tidur Nyenyak Meski Dibayangi Kecemasan Virus Corona

Dahlia | Kamis, 02/04/2020 20:30 WIB
Tips Tidur Nyenyak Meski Dibayangi Kecemasan Virus Corona Foto: ilustrasi

Jakarta (aksi.id) - Adakah di antara Anda yang, sesaat sebelum memejamkan mata di tempat tidur terbayang soal virus corona? Tak bisa dipungkiri. Sebab nyaris saban hari ada saja informasi mengenai pandemi virus penyebab Covid-19 tersebut.

Survei terbaru laman SleepHelp.org  yang diikuti lebih 900 orang Amerika menemukan, kualitas tidur orang memburuk semenjak kemunculan virus corona. Satu atau lebih dari lima orang mengalami kondisi ini.

Meski begitu, Anda masih bisa menyiasati, menghindari dan mengelola itu.


Salah satu yang bisa dilakukan adalah melakukan dan mengendalikan beberapa perilaku sebelum memulai tidur. Cara ini akan membantu Anda mengelola stres dan menurunkan gangguan tidur. Dengan begitu, dalam jangka panjang sistem kekebalan tubuh pun akan terbangun.

Berikut beberapa cara untuk membantu Anda tidur lebih nyaman dan efektif disarikan dari Harvard Health Blog.

Pertahankan rutinitas
Anda harus bangun tidur pada waktu yang sama dalam satu minggu. Jadwal tidur yang teratur membantu tubuh mengatur siklus secara alami.

Selain itu, makan dan berolahragalah secara rutin juga teratur.

Cari cahaya pagi
Dapatkan cahaya pagi segera setelah Anda bangun. Cahaya ini akan mengontrol jam tubuh alami. Selain itu paparan cahaya pagi hari membantu tubuh Anda membangun siklus alami.

Cahaya terbaik didapat dari sinar matahari alami, biasanya terjadi saat cuaca cerah atau sedikit berawan.


Olahraga teratur
Olahraga harian dapat membantu Anda meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati. Jadi, berolahragalah sebaik mungkin.

Tapi ingat, di tengah pandemi corona, ketika Anda perlu berolahraga di luar ruangan maka tetap pertahankan jarak fisik setidaknya 1-2 meter. Dan, hindari dulu olahraga berkelompok.

Hindari berada berlama-lama di tempat tidur
Keseriusan pandemi ini membuat kita semua lelah. Tapi ini bukan alasan untuk membiarkan waktu terlama habis untuk tidur siang hari--terutama jika Anda kesulitan tidur pada malam hari.

Kalaupun Anda harus tidur siang, pertahankan ini kurang dari 30 menit.

Hindari kafein sore
Kopi, teh dan minuman lain yang mengandung kafein dapat memengaruhi siklus alami tidur Anda.

Bantu orang lain

Meskipun tak bekerja di industri yang penting di tengah pandemi ini, Anda tetap bisa berkontribusi memerangi virus corona. Setidaknya, dengan menerapkan jaga jarak fisik. Anda juga bisa bergabung dengan penggalangan dana dan bantuan lainnya.

Tindakan altruistik juga pelbagai cara lain untuk membantu orang di tengah segala ketidakpastian dan ketakberdayaan ini akan mampu mengurangi masalah gangguan tidur.

Hindari berita
Saat malam tiba, hindari paparan berita dan seluruh perangkat elektronik. Satu jam sebelum tidur, menjauhlah dari semua itu.

Siklus berita tanpa henti menyediakan informasi baru--yang tak bisa menunggu jam-jam hingga orang bangun keesokan paginya. Mungkin informatif, tapi masalnya berita ini akan merangsang rasa takut Anda dan menciptakan kondisi sulit tidur.

Setel timer atau alarm untuk membantu mengingatkan Anda waktu-waktu rehat dari berita. Letakkan di sekitar TV sebagai pengingat.

Jauhkan perangkat elektronik
Telepon seluler, tablet atau perangkat elektronik lain membuat otak Anda lebih sulit beristirahat. Bahkan sekalipun cahaya layar diredupkan.

Selain itu, paparan perangkat elektronik juga menunda pelepasan hormon melatonin yang membantu tidur. Sehingga situasi ini terang mengganggu siklus tubuh Anda.

Bila perlu suasana relaks, Anda bisa mendengarkan musik atau membaca buku. (lia/sumber:cnnindonesia)

Keyword Tidur