press enter to search

Senin, 01/06/2020 20:54 WIB

Sembako Senilai Rp600 Ribu/Bulan untuk warga Jabodetabek Diantar ke Rumah Setiap Minggu

Redaksi | Selasa, 07/04/2020 19:27 WIB
Sembako Senilai Rp600 Ribu/Bulan untuk warga Jabodetabek Diantar ke Rumah Setiap Minggu Mensos Juliari Batubara.

JAKARTA (Aksi.id) - Presiden Jokowi akan memberikan bantuan sosial berupa sembako bagi masyarakat kurang mampu di Jabodetabek sebagai salah satu cara mengatasi dampak ekonomi akibat wabah virus corona. Setiap keluarga akan mendapatkan bantuan sembako sebesar Rp600 ribu setiap bulan.

Menteri Sosial Juliari Batubara menuturkan, nantinya paket sembako akan diantar ke setiap rumah. Dia menyebut Jokowi meminta agar paket sembako diantarkan langsung setiap minggu.  

"Bansos berupa sembako dan diantarkan ke rumah. Dan Pak Presiden minta agar paket sembako diantar setiap minggu," kata Juliari dalam rapat kerja virtual bersama Komisi VIII DPR, Selasa (7/4).

Sehingga, setiap minggu, masyarakat mendapatkan paket sembako sebesar Rp150 ribu. Dia pun menargetkan agar proses pendistribusian bantuan sembako dapat dijalankan pada 20 April.

"Jadi kalau Rp600 ribu dibagi 4, setiap minggu dapat 150 ribu setiap minggu dan kalau semua lancar persiapan pengiriman bisa kita jalankan per 20 April," tutur Juliari Batubara.

Juliari menyebut pembagian sembako merupakan salah satu program khusus yang diminta oleh Jokowi. Hal itu, untuk membantu masyarakat khususnya di daerah DKI Jakarta yang memiliki pendapatan harian namun karena wabah corona jadi terhambat.

"Ini penugasan khusus untuk para penduduk Jakarta, yang tidak harus KTP Jakarta tapi pekerja harian di DKI. Dan mereka sekarang mendapatkan kesulitan karena tidak punya income, makanya ada program khusus ini," tutup Juliari.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat mengadakan ratas membahas efektivitas bansos di tengah wabah virus corona. Pemerintah juga telah membentuk program Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi masyarakat kurang mampu untuk mengatasi dampak ekonomi karena virus corona, salah satunya dengan pembagian sembako.

"Kami akan memberikan bansos khusus Presiden berupa sembako, dengan durasi selama tiga bulan, yang akan kami mulai dalam waktu dua minggu dari sekarang," kata Juliari.

Selain pembagian sembako, pemerintah juga akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu selama 3 bulan. (ds/sumber kumparan)