press enter to search

Jum'at, 29/03/2024 16:00 WIB

Bandara Husein Jaga Kualitas Pelayanan Saat Beroperasi Minimum

Dahlia | Sabtu, 11/04/2020 20:30 WIB
Bandara Husein Jaga Kualitas Pelayanan Saat Beroperasi Minimum Foto:istimewa

BANDUNG (aksi.id) – Manajemen PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara melakukan penyesuaian pola jam operasional guna optimalisasi layanan dan mendukung pencegahan penyebaran COVID-19.

Penyesuaian ini dilakukan berdasarkan pada hasil dari kesepakatan antara pihak manajemen PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara dengan seluruh airlines dengan di-support oleh Lanud Husein Sastranegara.

Plt Executive General Manager Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara, R Iwan Winaya Mahdar mengatakan, “di tengah pandemi COVID-19, Bandara Husein Sastranegara Bandung beroperasi dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan kondisi normal, namun kualitas pelayanan tetap dijaga betul”.

311202020657

Notam

Setelah mendapat persetujuan dari regulator, diterbitkan Notice to Airmen (NOTAM) nomor : B0888/20 tanggal 10 April 2020, jam operasional bandara Husein Sastranegara disesuaikan menjadi pukul 06.00-19.00 WIB dari sebelumnya 06.00-21.00 WIB, adapun penyesuaian jam operasional ini berlaku tanggal 11 s.d 30 April 2020.

Dipersingkatnya jam operasional bandara tidak menurunkan kesiagaan Bandara Husein Sastranegara dalam mengantisipasi sejumlah penerbangan dalam kondisi khusus seperti pesawat yang mengalami kendala teknis sehingga membutuhkan bandara untuk mendarat darurat, keterlambatan keberangkatan di titik origin, hingga penerbangan logistik yang mengangkut sampel infection substance COVID-19,.

Minimum Operasi

Penyesuaian pola operasional dengan menjalankan Minimum Operation bertujuan untuk menyesuaikan jumlah personel seminimal mungkin di setiap jam dan unit kerja di bandara, dengan mempertimbangkan tren pergerakan penumpang pesawat dan frekuensi penerbangan, serta sebagai bentuk optimalisasi terhadap Fasilitas dan Personil di tengah pandemi global COVID-19.

“Pada masa penuh tantangan akibat mewabahnya COVID-19 ini yang paling utama adalah kesehatan dan keselamatan pengguna jasa dan personil bandara. Dengan diberlakukannya penyesuaian pola jam operasional bandara, maka Work From Home dan Physical Distancing bagi personel operasional di bandara semakin optimal,” jelas R Iwan Winaya Mahdar. (awe).