press enter to search

Rabu, 24/04/2024 20:30 WIB

KKP Bagikan Bansos Ikan Segar untuk Warga Terdampak Corona di Sukabumi

Fahmi | Sabtu, 25/04/2020 13:24 WIB
KKP Bagikan Bansos Ikan Segar untuk Warga Terdampak Corona di Sukabumi Penyerahan bantuan Ikan oleh Kepala BKIPM KKP Rina.

JAKARTA (Aksi.id) - Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) salurkan bantuan ikan ke warga terdampak pandemi Covid-19 di Sukabumi, Jawa Barat.

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Rina memaparkan ikan dapat menstimulus sistem imun di dalam tubuh, dimana tubuh membutuhkan protein yang cukup serta suplai makanan yang bermutu.

“Ikan sehat bermutu ini merupakan sumber protein yang layak dan memiliki omega tiga tinggi itu, salah satu faktor yang bisa meningkatkan imun tubuh,” kata Rina, Sabtu (25/4/2020).

Penyerahan bantuan secara simbolis disampaikan oleh Kepala BKIPM kepada Bupati Sukabumi Marwan Hamami, disaksikan Ketua DPRD dan para Camat se-Kabupaten Sukabumi. Penerima bantuan di Kabupaten Sukabumi terdiri dari masyarakat pembudidaya, pengolah, pemasar perikanan serta masyarakat pesisir. 

Sedangkan untuk Kota Sukabumi, bantuan diserahkan kepada masyarakat melalui Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar, Supriyadi, disaksikan Ketua DPRD Kota Sukabumi dengan penerima bantuan diantaranya 100 KK pembudidaya ikan di Kota Sukabumi dan 800 KK di 13 RT di Kota Sukabumi yang terdampak Covid-19.

“Kegiatan ini dalam rangka bulan mutu karantina dan kita bersama-sama atas arahan pak Menteri membagikan ikan sehat dan bermutu kepada masyarakat," sambungnya.

Bantuan yang disampaikan adalah bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) pelaku usaha perikanan mitra BKIPM sebagai bentuk kepedulian untuk membantu meringankan masyarakat terdampak Covid-19. Total bantuan yang diserahkan sebanyak 7,5 ton ikan dari pelaku usaha perikanan mitra BKIPM Jakarta II dan 250 kg dari PPN Palabuhanratu.

"Ikan yang dibagikan ini ikan makarel dan tongkol. Ikan-ikan ini masih segar dan kualitasnya bagus. Saya harap ikan ini dapat terdistribusikan dengan baik dan bisa membantu masyarakat terdampak Covid-19," jelasnya.

Seperti diketahui, Rabu 22 April 2020, Menteri Kelautan dan Perikanan  Edhy Prabowo meresmikan program Bulan Mutu Karantina 2020. Program ini akan digelar di 47 UPT BKIPM di 34 provinsi hingga 30 Juni 2020. (fahmi)