press enter to search

Selasa, 14/07/2020 16:44 WIB

Longsor di Pemakaman Umum Cikutra Bandung, Jenazah Hanyut ke Sungai

Dahlia | Minggu, 03/05/2020 22:02 WIB
Longsor di Pemakaman Umum Cikutra Bandung, Jenazah Hanyut ke Sungai Foto:istimewa (antaranews)

Bandung (aksi.id) - Longsor terjadi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikutra, Bandung pada Jumat (1/5). Akibatnya, sejumlah makam rusak. Bahkan ada jenazah yang hanyut ke dalam bantaran Sungai Cidurian.

Video yang memperlihatkan peristiwa tersebut beredar luas di media sosial.

Kepala UPT Wilayah 3 Dinas Penataan Ruang Kota Bandung, Sumpena, membenarkan jenazah tersebut berasal dari longsor TPU Cikutra.

"Itu salah satu jenazah, yang makamnya rusak tapi kita belum tahu dari makam yang mana, di blok mana," kata Sumpena di lokasi kejadian, Sabtu (2/5) sebagaimana dikutip dari Antara.

PTR-TPU Cikutra Longsor
Petugas membersihkan sejumlah makam yang rusak terdampak longsor terbing di TPU Cikutra, Bandung, Jawa Barat. Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Ia menambahkan, jenazah tersebut telah dievakusi oleh petugas. Lalu langsung dimakamkan kembali.

Sementara itu, Camat Cibeunying Kaler Kota Bandung, Suardi mencatat sebanyak 37 makam di TPU Cikutra rusak.

"Ada 37 makam yang terdampak. Seluruhnya akan dipindahkan ke Blok G, baik yang tergerus dan yang berpotensi (terkena) longsor," kata Suardi.

Ia menambahkan longsor itu diduga disebabkan oleh hujan deras pada Jumat (1/5) malam. Akibatnya aliran sungai yang deras menggerus kirmir(penahan tanah) di sekitar makam.

Di kawasan TPU Cikutra, Bandung, terdapat aliran Sungai Cidurian maupun aliran anak sungainya. Sejumlah makam memang berlokasi di bantaran sungai tersebut.

"Beberapa waktu lalu sebelum bulan puasa, longsor sempat terjadi. Namun warga tanggap dan cepat menanggulangi potensi longsor itu," pungkasnya. (lia/sumber:kumparan)