press enter to search

Kamis, 04/06/2020 14:35 WIB

Waktu Solat Saat Musim Panas di Finlandia, Subuh Jam 2 Pagi, Isya Jam 12 Malam

Ahmad Bashori | Minggu, 17/05/2020 16:34 WIB
Waktu Solat Saat Musim Panas di Finlandia,  Subuh Jam 2 Pagi, Isya Jam 12 Malam Foto (republika)

FINLANDIA (aksi.id) - Menjalankan ibadah di Finlandia bagi Umat Islam mempunyai pola dan karakteristik tersendiri, terutama sholat. Ini terlihat dari aspek waktu. 

 

Menurut Ketua Ikatan Masyarakat Muslim Indonesia (IMMI) Finlandia, Mustafa Kamal, menuturkan tentan geliat aktivitas ibadah di Finlandia. Dia menjelaskan, menjelaskan tentang pergeseran waktu sholat yang sangat jauh di Finlandia.

 

Dia mengatakan pada musim panas, waktu subuh mulai pukul 02.00 dini hari sedang sholat Isya pada pukul 00.00 malam. Sedang pada musim dingin, waktu Subuh mulai pukul 07.00 pagi dan Maghrib pukul 15.00 sore. Bahkan menurutnya waktu zuhur dan ashar bisa hanya berjarak 30 menit saja. 

 

Sementara umat Muslim bisa menyalurkan zakat ke masjid-masjid di Finlandia. Zakat yang terkumpul akan dibagikan ke mustahik yang kebanyakan di luar Finlandia, ini karena jumlah orang miskin di Finlandia relatif sedikit. 

 

Sedang untuk haji, umat Muslim di Finlandia tidak harus menunggu lama untuk berangkat. Mereka bisa langsung berangkat haji dengan dana 4 ribu euro.   

 

Ada banyak restoran dan toko daging halal yang bisa di temukan di Finlandia. Namun demikian restoran dan toko halal itu banyak berada di wilayah dengan jumlah penduduk Muslimnya banyak. 

 

Menariknya di setiap sekolah di Finlandia juga diajarkan tentang pendidikan Islam, meski demikian umat Muslim di sana akan memperdalam keislamananya di program pendidikan yang diadakan masjid-masjid di sana. 

 

Hubungan umat Muslim Finlandia dengan pemerintah dan komunitas agama lainnya pun terbilang sangat baik dan tidak ada masalah. Meski sempat ada pertentangan terkait pemotongan hewan kurban.  

 

"Menurut orang liberal atau sekuler itu engga berprikehewanan, itu bertentangan. Kita ada juga anggota parlemen yang bisa membantu mengadvokasi muslim seperti itu," katanya.(amt/republika.com/foto

Keyword Solat