press enter to search

Rabu, 24/04/2024 02:31 WIB

2 Kapal Pesiar Angkut 818 ABK Indonesia Repatriasi Disambut Syahbandar Tanjung Priok

Dahlia | Jum'at, 29/05/2020 19:51 WIB
2 Kapal Pesiar Angkut 818 ABK Indonesia Repatriasi Disambut Syahbandar Tanjung Priok Foto:istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Sebanyak dua kapal dengan mengangkut 818 ABK asal Indonesia tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (29/5/2020).

Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok beserta instansi pemerintah lainnya di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok melaksanakan repatriasi kru WNI menggunakan kapal pesiar MV Nieuw Amsterdam yang berlayar dari Cape Town, Afrika Selatan, dan MV Carnival Splendor yang berlayar dari Brisbane, Australia.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Capt. Hermanta SH, MM, M.Mar beserta jajarannya turut serta dalam giat repatriasi tersebut.

429202017267
Repatriasi dilaksanakan di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 dengan jumlah total 818 ABK. Sebanyak 418 orang ABK dari MV Nieuw Amsterdam dan 400 orang ABK dari MV Carnival Splendor.

Kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Hermanta mengemukakan Kantor Kesyahbandaran Tanjung Priok memberikan begitu banyak pelayanan luar biasa terhadap proses repatriasi ABK WNI tersebut.

“Pelayanan prima itu sesuai perintah dari Bapak Menteri Perhubungan dan Bapak Dirjen Perhubungan Laut,” ungkap mantan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik dan Sunda Kelapa tersebut.

Dia menjelaskan pelayanan itu antara lain menyediakan anchorage area dan pengawalan dengan mengerahkan empat kapal patroli untuk memberikan jaminan keselamatan pelayaran.

“Kami juga memberikan pelayanan terkait administrasi kapal dan kru. Pelayanan ini berbasis digital,” jelas pejabat, yang juga berpangkat komisaris besar polisi itu. (awe).