press enter to search

Sabtu, 11/07/2020 18:35 WIB

Monyet di India Bawa Lari Sampel Virus Corona

Dahlia | Jum'at, 29/05/2020 23:19 WIB
Monyet di India Bawa Lari Sampel Virus Corona Foto: ilustrasi
 New Delhi (aksi.id) - Insiden menghebohkan terjadi di Delhi, India. Kawanan monyet dilaporkan menyerang petugas laboratorium di Meerut Medical College dan membawa lari sejumlah sampel tes virus corona.

Dilansir Sky News, monyet-monyet itu mengambil sampel tes COVID-19 dari tiga pasien dan melarikan diri. Kemudian, salah satu monyet terlihat sedang bergelantung di pohon sembari mengunyah sampel virus tersebut.

Media lokal Times of India melaporkan, insiden ini menyebabkan pengambilan sampel tes harus kembali dilakukan pada pasien sebelumnya. Entah bagaimana nasib sampel virus yang telah dicuri oleh monyet-monyet tersebut.

Insiden ini sendiri menjadi contoh terbaru betapa pintarnya kera rhesus dalam memanfaatkan situasi lockdown di India, yang juga lagi bertarung melawan virus corona.

Monyet
Monyet Foto: Shutter Stock

Sebelumnya, di India memang sudah sering terjadi masalah yang disebabkan monyet di area pedesaan. Dan situasi lockdown saat ini tampaknya membuat para monyet semakin berani.

Sejumlah laporan juga menyebutkan ada banyak monyet yang berkumpul di beberapa bagian kota Delhi yang biasanya dipenuhi oleh manusia.

Hewan-hewan ini telah beradaptasi untuk hidup dekat dengan manusia, dan diyakini situasi sekarang membuat mereka kesusahan mendapatkan makanan dari manusia.

Menurut laporan Sky News, orang-orang disarankan tidak memberikan makanan pada monyet karena dianggap dapat membuat virus bermutasi dan menginfeksi primata tersebut.

"Poinnya adalah, kita memiliki pemahaman yang sedikit tentang virus ini, dan lebih baik membatasi interaksi kita dengan hewan liar sampai ada riset yang menunjukkan efek virus itu pada primata dan spesies hewan lainnya," ujar ahli biologi tersebut, kepada The Hindu.Ahli biologi senior dari Tamil Nadu Forest Department, India, sebelumnya telah memperingatkan apabila mutasi itu terjadi, maka dapat berdampak sangat buruk pada spesies primata dan hewan liar bisa menjadi target selanjutnya.

Bukan hanya mencuri sampel corona, sebelumnya monyet-monyet di Delhi juga dilaporkan telah membuat kekacauan, seperti mencuri makanan dan ponsel, masuk ke rumah warga, hingga mengganggu orang-orang di sekitar. (lia/sumber:kumparan)