press enter to search

Selasa, 14/07/2020 15:57 WIB

Sabang Aceh Digoyang Gempa, Sejumlah Rumah di Pantai Rusak

Redaksi | Kamis, 04/06/2020 14:07 WIB
Sabang Aceh Digoyang Gempa, Sejumlah Rumah di Pantai Rusak   Rumah rusak digoyang gempa.

BANDA ACEH (Aksi.id) - Gempa berkekuatan 4,8 skala richter mengguncang kota Sabang, Provinsi Aceh pada Kamis (4/6). Dalam peristiwa itu enam unit rumah mengalami kerusakan.

Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan Sabang diguncang gempa bumi tektonik dengan episenter di darat pada jarak 5 kilometer tenggara Banda Aceh dengan kedalaman 10 kilometer.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif, sistem sesar Sumatera pada segmen Aceh," kata Djati saat dikonfirmasi.

Berdasarkan laporan masyarakat, guncangan gempa bumi dirasakan di wilayah Sabang, Banda Aceh dan Aceh Besar. Ia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang, Muhammad Amin mengatakan gempa yang mengguncang Sabang mengakibatkan tiga rumah rusak berat dan tiga lainnya rusak ringan.

Amin mengatakan rumah yang rusak itu berada di pinggir pantai. Pihaknya masih melakukan pendataan terkait jumlah kerusakan yang diakibatkan gempa tersebut. Untuk sementara, belum ditemukan korban jiwa.

"Ada ruko yang rusak parah. Nanti datanya kembali kita update, ini masih kita data lagi. Korban jiwa tidak ada," katanya. (ds/sumber CNNIndonesia.com)