press enter to search

Minggu, 05/07/2020 00:57 WIB

Tambang Emas Ilegal di Jambi Lonsor, 3 Orang Tewas Tertimbun

Redaksi | Jum'at, 05/06/2020 20:48 WIB
Tambang Emas Ilegal di Jambi Lonsor, 3 Orang Tewas Tertimbun Korban tanah longsor dari tambang emas ilegal di Kabupaten Merangin, Jambi berhasil evakuasi.

JAMBI (Aksi.id)  - Sebanyak tiga orang dilaporkan tewas tertimbun saat melakukan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di tambang emas ilegal di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tabir Lintas, Kabupaten Merangin, Jambi.

Kapolres Merangin, AKBP M Lutfi mengatakan tewasnya tiga orang pekerja yang tertimbun longsor tambang emas ilegal terjadi pada Kamis (4/6) sore sekitar pukul 15.00 WIB. Korban tewas merupakan pekerja di wilayah tersebut.

"Kejadian longsor itu sekitar jam 3 sore kemarin, dan korban mulai dilakukan evakuasi sekitar jam 5 sore. Jenazah korban bisa diangkat semua itu pukul 17.00 WIB," kata Lutfi, Jumat (5/6).

Tiga pekerja tersebut, antara lain SM (29), PN (35) dan KN (50). Ketiganya merupakan warga Kabupaten Merangin, Jambi dan berhasil dievakuasi setelah 2 jam lamanya.

"Ketiga penambang sudah berhasil kita evakuasi. Mereka ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, kini sudah dibawa ke rumah duka," ungkapnya.

Jasad para penambang itu, kata Lutfi, berhasil dievakuasi oleh petugas polisi dan TNI beserta warga sekitar tambang. Saat ini, aktivitas di sekitar tambang sudah diberikan garis polisi dan kejadian ini masih dalam proses penyelidikan.

Selain itu, pihak kepolisian juga telah beberapa kali melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak melakukan aktivitas pertambangan di tambang emas tak berizin tersebut. Namun, masyarakat tetap melakukan aktivitas pertambangan ilegal itu secara diam-diam. (ds/sumber Jambikita.id/Kumparan.com)