press enter to search

Rabu, 25/11/2020 00:38 WIB

IMF Cairkan Pinjaman Darurat Corona Senilai Rp350 Triliun ke 70 Negara

Dahlia | Sabtu, 20/06/2020 21:45 WIB
IMF Cairkan Pinjaman Darurat Corona Senilai Rp350 Triliun ke 70 Negara Foto:istimewa

WASHINGTON (aksi.id) - Dana Moneter Internasional (IMF) mengumumkan pencairan pinjaman darurat (emerging financing) Covid-19 ke 70 negara dalam waktu dekat. Total pinjaman itu mencapai 25 miliar dolar AS atau sekitar Rp350 triliun.

"Pencairan pinjaman darurat ini sangat cepat, negara-negara akan memperolehnya dalam hitungan hari, karena persyaratan tidak seperti pinjaman biasanya," kata Juru Bicara IMF, Gerry Rice, dikutip dari Xinhua, Sabtu (20/6/2020).

Rice mengatakan, pinjaman ini cepat dicairkan karena sifatnya yang darurat. "Uang ini akan digunakan untuk membayar hal-hal seperti gaji perawat dan dokter, alat kesehatan untuk menghadapi krisis," ujar dia.

Dia menjelaskan, pinjaman darurat terbesar diberikan kepada negara-negara Afrika. Di benua tersebut, ada 28 negara yang disetujui untuk mendapatkan pinjaman dengan total nilai 10 miliar dolar AS.

Di Afrika, kata Rice, jumlah pinjaman tersebut lebih besar daripada rata-rata pinjaman tahunan yang diberikan sebesar 1 miliar dolar AS. Sementara itu, ada tujuh negara di Asia Pasifik yang memperoleh pinjaman dengan total 1,5 miliar dolar AS.

Rice mengungkapkan, ada lebih dari 100 negara di dunia yang mengajukan pinjaman darurat kepada IMF. Namun, belum seluruhnya disetujui.

Negara-negara di dunia saat ini kesulitan keuangan dalam menghadapi Covid-19. IMF memprediksi pertumbuhan ekonomi global pada tahun ini minus 3 persen, terburuk sejak Depresi Besar 1930. (lia/sumber:inews)