press enter to search

Kamis, 18/04/2024 17:47 WIB

Kasus Bendera, Tjahjo Kumolo: Jika Dibiarkan, Lama-lama Bakar Gedung PDIP

Redaksi | Jum'at, 26/06/2020 13:19 WIB
Kasus Bendera, Tjahjo Kumolo: Jika Dibiarkan, Lama-lama Bakar Gedung PDIP Tjahjo Kumolo.

JAKARTA (Aksi.id) - Politikus Senior PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan, kasus pembakaran bendera PDIP harus diusut. Menurutnya jika kasus tersebut dibiarkan, bukan tidak mungkin akan membakar kantor partai.

"Kami merasa tersinggung, terhina, kok sampai ada yang membakar. Kalau dibiarkan, lama-lama bisa membakar gedung partai ini," kata Tjahjo kepada wartawan di Jakarta, Jumat (26/6).

Mantan sekretaris jenderal PDIP itu merasa harga diri dan kehormatan partai banteng moncong putih terganggu akibat insiden pembakaran bendera itu.

"Ini harga diri, kami harga diri teman-teman partai," ujarnya.

Tjahjo mengatakan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah meminta agar aksi pembakaran bendera itu dibawa ke jalur hukum. Ia mastikan partainya sudah membentuk tim hukum untuk menyikapi insiden tersebut.

"Maka partai sudah membentuk tim hukum sendiri. Kami minta ini untuk diusut. Kalau dibiarkan, lama-lama bisa membakar apa saja," kata pria yang kini menjabat menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.

Pembakaran bendera PDIP terjadi saat aksi tolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP) di depang Gedung MPR/DPR beberapa hari lalu. Insiden tersebut langsung mendapat respons keras dari PDIP, termasuk Megawati.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan akan menyeret aksi pembakaran bendera partai ke jalur hukum. Sejumlah kader dan simpatisan PDIP Jakarta Timur turun ke jalan meminta polisi mengusut kasus pembakaran tersebut.

Sementara itu Koordinator lapangan aksi tolak RUU HIP, Edy Mulyadi sudah dipanggil Polda Metro Jaya. Edy mengaku dimintai klarifikasi soal aksi pembakaran bendera partai saat aksi Rabu 24 Juni lalu.

Sebelumnya, Edy menyebut pembakaran bendera PDIP tak ada dalam rencana. Mereka hanya merencanakan pembakaran bendera lambang palu arit. Menurutnya, pembakaran bendera PDIP itu adalah sebuah kecelakaan. (ds/sumber CNNIndonesia.com)