press enter to search

Kamis, 09/07/2020 17:36 WIB

Aktris Cantik Iran Ini Dipenjara, Gegara Unggah Video Polisi Moral Serang Wanita Tak Pakai Hijab

Redaksi | Selasa, 30/06/2020 08:03 WIB
Aktris Cantik Iran Ini Dipenjara, Gegara Unggah Video Polisi Moral Serang Wanita Tak Pakai Hijab Taraneh Alidoosti

TEHERAN (aksi.id)  - Akibat mengunggah ulang video polisi moral menyerang wanita tak pakai hijab, aktris Iran, Taraneh Alidoosti, mendapat hukuman 5 bulan penjara.

Alidoosti adalah bintang film dari The Salesman yang mendapatkan piala Oscar dalam kategori film bahasa asing terbaik pada 2017 silam.

Media global sering menyebutnya sebagai Natalie Portaman dari Iran.

Dilansir Daily Mail (25/6/2020) Deputi Urusan Hukum dan Parlemen untuk penegakan hukum Iran (NAJA) memperkarakan Alidoosti karena mengunggah ulang video sebuah film kontroversial menunjukkan pertemuan antara seorang perwira polisi moralitas dan seorang wanita.

Dalam video tersebut memperlihatkan seorang polisi menyerang seorang perempuan tersebut karena tidak mengenakan hijab di jalanan Iran.

Aktris ini telah dipanggil pihak berwajib pada 21 Januari 2020, tetapi kemudian dibebaskan dengan jaminan.

Volant Media UK melaporkan, Alidoosti dipanggil ke kantor penuntutan media dan kebudayaan cabang kesembilan pada 21 Januari 2020 tersebut dengan dakwaan telah melakukan `kegiatan propaganda melawan negara`.

Giso Faghfouri, seorang jurnalis seni dan budaya veteran, kemudian mengabarkan bahwa Alidoosti telah dijatuhi hukuman karena adanya pengajuan perkara dari NAJA tersebut.

"Setelah keluhan hukum dari Deputi Urusan Hukum dan Parlemen NAJA, Taraneh Alldoosti dijatuhi hukuman lima bulan penjara," ujar Faghfouri dalam Twitternya.

Namun, Alidoosti diperkirakan tidak akan dipenjara segera karena hukumannya telah ditunda hingga dua tahun.

Dia dibebaskan dengan jaminan setelah didakwa dan belum secara terbuka menanggapi hukumannya.

Aktor Iran Babak Karimi yang ikut membintangi film The Salesman mengatakan kepada Variety bahwa hukuman untuk Alidoosti adalah tindakan intimidasi oleh rezim pemerintah.

Aktris yang memiliki enam juta pengikut Instagram ini cukup aktif mengkritik pemerintahan Iran.

Pada awal tahun ini, ia mengkritik pemerintah di Teheran dalam sebuah posting di Instagram dan mengatakan, "Kami bukan warga negara, tetapi `tawanan`".

Dia juga mengganti gambar profilnya dengan warna hitam sebagai tanda berkabung yang ditujukan kepada para demonstran yang ditembak mati oleh pasukan keamanan dalam protes yang mengguncang Iran pada November tahun lalu.

Dia sebelumnya juga menyuarakan protes terhadap keputusan Presiden AS, Donald Trump yang memberlakukan larangan visa pada Iran.

Pada 2017, dia memboikot upacara Academy Award setelah The Salesman dinominasikan dalam kategori film berbahasa asing terbaik, karena rasis.

Editor Senior International Iran yang berbasis di London, Fariba Sahraei mengatakan sekarang ini banyak orang Iran telah mulai aktif menggunakan media sosial untuk meningkatkan kesadaran tentang pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di Iran.

"Penangkapan dan hukuman berikutnya terhadap Taranah Alidoosti menunjukkan bagaimana rezim berusaha menghentikan warga Iran dari penggunaan media sosial untuk mengekspos pelanggaran hak asasi manusia di negara itu," imbuhnya (ny/Sumber: Serambinews.com)

Keyword Artis Iran