press enter to search

Kamis, 09/07/2020 18:05 WIB

Pembangunan Sheet Pile Mangkrak, Warga Tegal Alur Jakbar Keluhkan Banjir Rob

Redaksi | Selasa, 30/06/2020 10:09 WIB
Pembangunan Sheet Pile Mangkrak, Warga Tegal Alur Jakbar Keluhkan Banjir Rob Titik pembangunan sheet pile di Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat yang tak kunjung selesai.

JAKARTA (Aksi.id) - Warga Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat mempertanyakan pembangunan sheet pile atau semacam tanggul di Kali Apuran yang mangkrak bertahun-tahun. Mereka mengeluhkan banjir rob yang sudah berulang kali menerjang wilayah tersebut.

Salah satu warga RW 01 Tegal Alur, Rasyid (32) mengatakan air laut selalu meluap ke sungai saat terjadi gelombang pasang hingga masuk rumah-rumah penduduk. Kondisi itu semakin parah jika terjadi hujan.

"Kalau hujan pasti daerah sini banjir," ucapnya.

Menurutnya genangan akibat banjir rob saat ini tidak berlangsung lama dibandingkan tahun sebelumnya. Namun menurutnya warga tetap kesal lantaran proyek sheet pile tak kunjung usai.

Sementara itu Pemkot Jakarta Barat dan Pemprov DKI telah melakukan banyak upaya untuk menanggulangi banjir rob di kawasan itu. Salah satunya membangun pompa di Kali Apuran.

Kasudin Sumber Daya Air Jakarta Barat, Purwanti Suryandari menjelaskan dengan pompa itu ketinggian banjir rob di kawasan itu berkurang dari 100 sentimeter menjadi 50 sentimeter saja dan waktunya hanya menjadi beberapa jam saja.

Menurutnya pengendalian banjir di kawasan itu merupakan wewenang Dinas Sumber Daya Air Jakarta.

Purwanti mengatakan banjir di kawasan itu dipengaruhi gelombang pasang air laut sehingga diperlukan pintu air, waduk, dan pompa untuk pengendalian. Salah satu titik pembangunan pompa yaitu di ujung Kali Semongol.

"Kita berharap tanpa tanggul, rob di kawasan itu bisa diatasi, termasuk dengan pengerukan," ucapnya. (ds/sumber iNews.id)