press enter to search

Kamis, 13/08/2020 10:50 WIB

Superhero Marvel Bakal Tampilkan Perempuan Muslim Muda di Gim Video

Redaksi | Jum'at, 03/07/2020 09:58 WIB
Superhero Marvel Bakal Tampilkan Perempuan Muslim Muda di Gim Video Superhero Perempuan.

JAKARTA (Aksi.id) - Kamala Khan diciptakan oleh Marvel pada 2014 dan akan memulai debut dalam video gim yang dirilis pada akhir tahun ini. "Ini representasi dalam gim video yang saya tunggu-tunggu seumur hidup saya."

Avengers berkumpul kembali, kali ini tidak di layar lebar, tapi dalam gim video.

Gim itu dibintangi banyak jagoan super dari Marvel yang sudah tak asing lagi, termasuk Iron Man, Hulk, dan Captain America. Tapi mereka mendapat anggota baru: Kamala Khan.

Remaja Muslim-Amerika berdarah Pakistan, yang memiliki kemampuan mengubah bentuk tubuhnya, adalah karakter terbaru dengan menyandang julukan Ms. Marvel.

Komik ternyata jauh lebih radikal daripada dugaan Anda
Ketika penerbit gim Square Enix mengumumkan bahwa Marvel`s Avengers akan menyertakan Kamala Khan sebagai salah satu karakter yang bisa dimainkan serta menjadikannya tokoh sentral dalam alur cerita, mereka mendapat pujian dari para penggemar dan pelaku industri.

"Saya pertama kali mendengar Ms. Marvel dari komik beberapa tahun lalu," kata Maria Afsar, pemain gim berusia 25 tahun.

"Saya langsung berpikir ini keren banget, ketika membaca bahwa latar belakangnya seperti saya, berdarah Pakistan, Muslim, dan perempuan muda.

"Ketika saya melihat pengumuman bahwa ia akan tampil dalam gim dan menjadi salah satu karakter utama, saya hanya berpikir bahwa saya telah menantikan sesuatu seperti ini seumur hidup saya. Saya tidak pernah melihat yang seperti ini saat saya kecil."

Ms. Marvel akan menjadi salah satu karakter playable dan tampil bersama Black Widow, serta karakter lain.
Karakter Kamala Khan diciptakan oleh editor Marvel Comics dan sutradara Sana Amanat serta empat kreator lain pada 2014.

Sebagai Muslim-Amerika, Sana Amanat ingin menciptakan karakter yang dekat dengan perempuan muda dengan latar belakang yang sama seperti dirinya, serta menjadi panutan.

"Saya pikir gila sekali bahwa Kamala ada di dalam salah satu gim video Marvel terbesar yang pernah kita buat," ujarnya dalam acara promosi gim tersebut.

"Fakta bahwa dia karakter entry point dalam gim ini sangat masuk akal. Orang dari semua latar belakang bisa memahaminya."

Berbagai inkarnasi Ms. Marvel
Julukan Ms. Marvel telah digunakan oleh sejumlah karakter di komik-komik Marvel sejak 1976, antara lain Sharon Ventura dan Dr. Karla Sofen.

Namun inkarnasi pertama adalah Carole Danvers pada 1977.

Karakter itu melepas moniker Ms. Marvel pada 2010, dan kemudian terkenal sebagai Captain Marvel pada 2012.

Dia tampil di layar perak dalam Jagat Sinematik Marvel dengan diperankan oleh Brie Larson.

Brie Larson memerankan Captain Marvel dalam film Avengers terakhir.
Ini membuka pintu bagi karakter baru untuk menyandang nama Ms. Marvel.

Pada 2014, pembaca diperkenalkan pada Kamala Khan, seorang remaja berusia 16 tahun berdarah Pakistan yang tinggal di Jersey City, Amerika Serikat.

Dia memiliki kemampuan mengubah bentuk tubuhnya dan kebetulan merupakan penggemar berat Avengers.

Kamala kemudian mencetak sejarah dengan menjadi karakter Muslim pertama di Marvel yang mendapatkan judul komiknya sendiri.

Karakter-karakter Muslim telah tampil dalam peran yang penting dalam video gim dalam beberapa tahun terakhir, jadi ini bukan pertama kalinya Anda bisa bermain sebagai karakter Muslim.

Assassin`s Creed Chronicles: India, sebuah spinoff dari waralaba video gim terkenal, memberi kita kesempatan untuk bermain sebagai Arbaaz Mir, seorang pembunuh bayaran dari Kashmir.

Waralaba gim tarung Tekken 7 baru-baru ini memperkenalkan seorang karakter dari Arab Saudi bernama Shaheen sebagai entri terbaru dalam jajaran pemainnya.

Dan di Street Fighter V ada Rashid, karakter lain yang berdarah Timur Tengah.

Tekken 7 memperkenalkan karakter Muslim pertama, Shaheen, dalam jajaran pemainnya.

Namun, beberapa desain karakter untuk Muslim tampaknya belum lepas dari stereotip dan tidak mencerminkan anak muda Muslim kebanyakan, menurut Sitara Shefta, kepala studio di No Brakes Games.

Sitara percaya Ms. Marvel jauh lebih representatif bagi anak-anak muda Muslim, dan mengatakan karakter Kamala Khan mengingatkannya pada keponakannya sendiri.

Editor dan sutradara Marvel Sana Amanat menciptakan Kamala Khan bersama empat kreator lain pada 2014.
Ia mengatakan pelibatan Kamala Khan dalam gim Avengers adalah langkah besar untuk representasi lebih baik dalam gim video.

"Ini sangat penting, kenapa orang-orang Pakistan dan Muslim tidak punya karakter dan cerita yang menginspirasi mereka?" ujarnya.

"Mereka biasanya digambarkan sebagai teroris atau penjahat yang kita lawan dalam gim-gim ini.

"Sekarang kita punya karakter Pakistani Muslim yang hebat, dan panutan untuk menginspirasi anak-anak dari komunitas ini."

Video gim Avengers akan menampilkan cerita orisinal yang terinspirasi dari komik, tapi tidak sejalan dengan Jagat Sinematik Marvel.

Gim video Avengers dijadwalkan rilis akhir tahun ini di PlayStation 4, Xbox One, dan PC.

Scott Amos, kepala studio di perusahaan pengembang gim Crystal Dynamics, mengatakan mereka kebanjiran respons dari pemain karena Kamala Khan.

"Satu kiriman yang sungguh menyentuh kami ialah seorang pemain gim mengatakan betapa harunya ia karena ini - dan betapa pentingnya memiliki jagoan utama seperti ini dalam gim, sehingga generasi pemain baru bisa melihat dan memainkan karakter yang seperti mereka dalam video gim yang dipenuhi para tokoh ikonik seperti Thor dan Iron Man dan Black Widow," ujarnya pada BBC Asian Network.

Ketika trailernya pertama kali diungkap pada pameran gim video E3 2019, beberapa orang mengeluh di media sosial karena karakter dalam gim sama sekali tidak mirip dengan para aktor yang memerankan mereka dalam film.

Ms. Marvel belum tampil dalam film live-action, sehingga tidak terdampak kritik ini, namun Marvel Studios akan membuat serial televisi Disney+ tentang karakter ini, yang dijadwalkan tayang pada 2022. (ds/sumber BBC News)

Artikel Terkait :

-