press enter to search

Kamis, 13/08/2020 10:25 WIB

Ayah Khabib Nurmagomedov Meninggal Dunia karena Corona

Dahlia | Jum'at, 03/07/2020 21:52 WIB
Ayah Khabib Nurmagomedov Meninggal Dunia karena Corona Foto:istimewa

Jakarta (aksi.id) - Ayah Khabib Nurmagomedov, Abdulmanap Nurmagomedov meninggal dunia. 

Abdulmanap jatuh sakit di akhir April ketika pandemi corona mulai melanda dunia. Saat itu Abdulmanap mengalami gejala pneumonia.

"Abdulmanap ada di Makhachkala, di Rumah Sakit Second City. Dia sakit ketika berada di gunung. Mereka berjalan selama dua hari, Nurmagomedov bersaudara membujuk dia untuk ke rumah sakit."

"Hingga kini virus corona belum bisa dikonfirmasi. Mereka mengatakan flu. Tidak ada yang boleh mengunjungi Abdulmanap. Juara dunia Shamil Zavurov juga sakit. Mereka mengatakan ada beberapa atlet yang sakit," ucap Ramazan Rabadanov saat itu.

Setelah kondisi Abdulmanap memburuk, Abdulmanap baru diterbangkan secara khusus ke Rusia untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif. Di Moskow, Abdulmanap positif corona.

Hingga pertengahan Mei, kondisi Abdulmanap masih dirahasiakan oleh Khabib.

Mixed martial arts (MMA) fighter Khabib Nurmagomedov and and his father Abdulmanap Nurmagomedov give a press conference in Moscow on November 26, 2018. (Photo by Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)Abdulmanap punya peran besar dalam karier Khabib. (AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)

Barulah pada 19 Mei, Khabib mengungkapkan kondisi sang ayah. Dalam wawancara itu, Khabib juga meminta publik untuk mewaspadai virus corona.

"Banyak tulisan di internet tentang ayah saya. Ayah saya, saat ini, berada di rumah sakit. Dia dalam kondisi kritis akibat virus ini."

"Itu [virus corona] berdampak pada jantungnya, karena tahun lalu dia menjalani operasi, dan sekarang, mereka melakukan operasi lain," ucap Khabib dikutip dari ESPN.

Pada awal Juni, Manajer Khabib, Ali Abdelaziz menyatakan bahwa Khabib tetap akan fokus pada rencana duel lawan Justin Gaethje di bulan September. Abdelaziz menyebut Khabib justru mendapat motivasi bertanding berlipat.

"Saya pikir sakit yang diderita ayah Khabib membuatnya jadi lebih bersemangat. Dia berlatih setiap hari, dua kali sehari. Dia berada di tempat latihan."

"Saya berbicara dengannya dan dia saya bilang, `Hei, lakukan apa yang kamu harus lakukan`. Dia selalu berlatih. Dia adalah atlet bela diri campuran yang sesungguhnya. Sama seperti Gaethje. Mereka berdua adalah orang-orang yang hebat dan mereka ingin bertarung. Ini adalah pertarungan impian," kata Abdelaziz.

Pada 20 Juni, kondisi Abdulmanap disebut sudah membaik oleh Javier Mendez, pelatih Khabib.

"Tiga hari lalu, Khabib mengirim pesan yang menyebut kondisi ayahnya sudah meningkat dan masuk dalam fase penyembuhan. Dia berkata bahwa Abdulmanap sudah sembuh dari virus corona," kata Mendez seperti dikutip dari MMA News.

Meski disebut sudah sembuh dari virus corona, kondisi ayah Khabib belum benar-benar pulih. Abdulmanap hanya disebut lebih stabil meski masih dalam kondisi koma.

Abdulmanap meninggal dunia pada 2 Juli. Abdulmanap meninggal dunia karena penyakit yang menyerang jantung dan otak, kondisi itu diperparah oleh virus corona. (lia/sumber:cnnindonesia)