press enter to search

Senin, 10/08/2020 19:40 WIB

Teman Bus, Terobosan Inovatif Ditjen Hubdat untuk Masyarakat

Dahlia | Sabtu, 04/07/2020 19:44 WIB
Teman Bus, Terobosan Inovatif Ditjen Hubdat untuk Masyarakat Foto:istimewa

SURAKARTA (aksi.id) – Pengembangan Angkutan Umum Massal Berbasis Jalan di wilayah perkotaan melalui Teman (Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal, dan Nyaman) Bus yang merupakan program dirancang oleh Direktorat Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan sebagai terobosan inovatif untuk masyarakat.

Hal ini dilakukan agar dapat mengintervensi pengembangan angkutan umum perkotaan di Indonesia sehingga muncul terobosan yang inovatif dan responsif terhadap program bantuan bus selama ini yang dinilai kurang berhasil.

“Oleh karena itu dengan konsep Buy The Service (BTS) yang didukung dengan Manajemen Pengelola9 akan melaksanakan monitoring dan evaluasi dengan menggunakan sistem operasional kendaran,” jelas Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi di sela peluncuran Bus Teman Solo didampingi Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani di Surakarta, Sabtu (4/7/2020).
Sistem tersebut kata dia meliputi sistem operasional, sistem pemeliharaan, sistem pengelolaan keuangan dan sistem sumber dsya manusia (SDM) yang didukung dengan digitalisasi secara real time menuju angkutan umum yang lebih profesional.

Bus Teman rencananya akan dihadrkan juga di Medan, Yogyakarta, dan Denpasar setelah Palembang dan Solo.

Hadir juga mendampingi Dirjen Budi, Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Risal Wasal, serta Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) X Wilayah Jateng-DIY, Prasetyo Kentjono. (omy)

Keyword Bus Teman Bus