press enter to search

Kamis, 13/08/2020 09:37 WIB

Djoko Tjandra Berada di Kuala Lumpur Malaysia

Redaksi | Senin, 13/07/2020 11:52 WIB
Djoko Tjandra Berada di Kuala Lumpur Malaysia Djoko Tjandra.

JAKARTA (Aksi.id) - Djoko Tjandra menjadi sorotan publik dalam beberapa minggu terakhir. Sebab, buronan yang sudah 11 tahun gagal ditangkap itu mendadak dikabarkan ada di Jakarta Selatan. Namun kini, jejak buronan Kejaksaan Agung itu kembali menghilang.

Pihak pengacara Djoko Tjandra sebelumnya sudah membantah menyembunyikan kliennya itu. Kuasa Hukum Djoko Tjandra, Anita Kolopaking, menyebut kliennya ada di Malaysia.

"Beliau masih di Kuala Lumpur, Malaysia. Beliau sakit sehingga tidak hadir di persidangan," kata Anita kepada wartawan, Minggu  (13/7) malam.

Persidangan yang dimaksud yakni sidang Peninjauan Kembali di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Djoko Tjandra mengajukan hal tersebut pada tanggal 8 Juni.

Sebelum mendaftarkan PK, di tanggal yang sama, Djoko Tjandra juga sempat mengurus pembuatan e-KTP sebagai syarat pengajuan PK.

Sidang PK sudah dua kali digelar. Namun, dua kali pula sidang itu ditunda karena Djoko Tjandra tidak hadir dengan alasan sakit. Pengacara pun melampirkan surat sakit dari klinik di Malaysia.

Anita tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai penyakit kliennya itu. "Doakan saja semoga beliau bisa hadir di sidang tanggal 20 Juli," kata dia.

Djoko Tjandra ialah buronan kasus cessie Bank Bali. Hampir 11 tahun keberadaannya tak terdeteksi. Ia terakhir kali terpantau pada 2009 saat kabur ke Papua Nugini untuk menghindari vonis 2 tahun yang dijatuhkan MA di tingkat PK.

Namanya mencuat lagi setelah pada 8 Juni 2020 ia membuat e-KTP di Kelurahan Grogol Selatan. Hal itu sebagai syarat pengajuan Peninjauan Kembali di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Bahkan, ia pun sempat mengurus paspor.

Namun setelah namanya kembali riuh dibicarakan, sosoknya sudah terlebih dulu hilang dan kini disebut sudah kembali berada di luar negeri.
(ds/sumber Kumparan.com)