press enter to search

Senin, 10/08/2020 19:09 WIB

4 Cara Cegah Penularan Virus Corona lewat Udara

Dahlia | Senin, 13/07/2020 19:25 WIB
4 Cara Cegah Penularan Virus Corona lewat Udara Foto: ilustrasi

JAKARTA (aksi.id) – Upaya pencegahan Covid-19 terus ditingkatkan untuk menekan kasus positif bertambah. Pasalnya, virus ini juga ditularkan melalui udara.

Beberapa waktu lalu para ilmuwan dari berbagai penjuru dunia meminta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengakui adanya potensi penyebaran virus SARS-CoV-2, penyebab Covid-19, ditularkan melalui udara.

Namun, WHO masih berpendapat bahwa risiko penyebaran yang lebih besar masih berasal dari droplet atau percikan yang dikeluarkan ketika seseorang berbicara atau bernapas. Partikel itulah yang mengendap lebih cepat dan cenderung menumpuk di udara.

Di sisi lain, WHO juga merilis brief ilmiah pada 9 Juli yang mengatakan transmisi melalui udara kemungkinan untuk menularkan virus di ruang-ruang tertutup yang berventilasi buruk. Di antaranya seperti pusat kebugaran, ruang latihan paduan suara, klub malam, hingga bioskop.

Walaupun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, namun tidak ada salahnya menambah kewaspadaan untuk menghindari diri Anda dan orang lain dari virus penyebab Covid-19.

Berikut sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penularan Covid-19 lewat udara atau airborne, seperti dilansir dari NPR, Senin (13/7/2020).

1. Jaga jarak ketika berbicara

Menjaga jarak aman dengan orang lain  adalah salah satu protokol kesehatan yang harus dilakukan di luar rumah. Hal ini berlaku ketika berbicara dengan orang lain. Anda perlu menjaga jarak atau tidak langsung menatap muka ketika berbicara dengan orang lain, baik itu orang tak dikenal, rekan kerja, atau siapa saja. Hindari duduk saling berhadap-hadapan ketika berbicara untuk menghindari penularan virus kepada satu sama lain.

2. Mengenakan masker dengan benar

Penggunaan masker juga tidak kalah penting dari menjaga jarak. Kenakanlah masker kain yang berlapis dan menutupi hidung, mulut, dan dagu Anda secara sempurna. Masker akan mencegah banyak droplet keluar dari mulut Anda ketika bernapas, berbicara, batuk, atau bersin. Jangan lupa, selalu mengganti masker setiap empat jam sekali, terutama jika masker sudah dalam kondisi basah atau lembap.

3. Pastikan sirkulasi udara baik

Hal penting untuk menghindari transmisi virus melalui jalur udara adalah memastikan sirkulasi udara baik. Terutama untuk tempat di mana banyak orang berkumpul seperti restoran, kafe, hingga perkantoran. Ahli aerobiologi penyakit menular di Universitas Maryland Donald Milton merekomendasikan, pembersihan udara dalam ruangan melalui penyaringan udara dan lampu sanitasi ultraviolet.

4. Batasi waktu untuk kontak langsung dengan orang lain

Hindarilah kontak dekat dengan orang lain. Jika Anda ingin duduk bersama dan berbicara dengan teman Anda, menjaga jarak setidaknya enam kaki dapat menciptakan lebih banyak kesempatan untuk aliran udara antara Anda dan orang lain. Sehingga jarak dan pembatasan waktu perbincangan Anda dengan orang lain atau interaksi juga menambah perlindungan dari Covid-19.

(lia/sumber:inews)