press enter to search

Sabtu, 15/08/2020 08:45 WIB

Ini 5 Alasan Sebaiknya Lampu Dimatikan Saat Tidur

Dahlia | Sabtu, 25/07/2020 23:02 WIB
Ini 5 Alasan Sebaiknya Lampu Dimatikan Saat Tidur Foto: ilustrasi
Jakarta (aksi.id) - Tidur adalah kegiatan penting yang harus dilakukan oleh semua orang, tidak peduli seberapa sehat tubuh Anda. Istirahat dibutuhkan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas pada malam hari salah satu tipsnya adalah mematikan lampu.

Tidur menyalakan lampu dianggap merugikan sebab bisa mengganggu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jika Anda tetap ingin membiarkan lampu menyala saat tidur, pertimbangkan dampaknya sebagai berikut: 

1. Mengganggu otak

Paparan cahaya dari lampu selama tidur mempersulit otak untuk mencapai tidur yang lebih dalam. Jika Anda tidak tidur dengan baik, menyebabkan otak tidak releks. Kondisi tersebut juga mempengaruhi kualitas tidur Anda yang membuat tidur menjadi tidak nyenyak.

2. Depresi

Tidur dengan lampu menyala dapat dikaitkan dengan depresi. Cahaya dari barang elektronik memiliki efek terburuk pada suasana hati yang menyebabkan tidak tenang saat tidur.

3. Risiko terkena penyakit kronis

Jika cahaya terus mengganggu tidur dalam jangka panjang, dikutip dari Healthline, tidur menyalakan lampu akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

4. Meningkatkan tekanan darah

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Chronobiology International, dikutip dari Wellcare, menyatakan bahwa, seseorang yang terpapar cahaya berlebihan pada malam hari memiliki tekanan darah yang jauh lebih tinggi daripada orang-orang yang tidur mematikan lampu.

5. Mengganggu siklus menstruasi

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal epidemiologi, dikutip dari Everydayhealth, melaporkan paparan cahaya pada malam hari dapat mengganggu siklus menstruasi yang dapat mengganggu kesuburan wanita.

(lia/sumber:detik)

Keyword Tidur lampu