press enter to search

Sabtu, 15/08/2020 09:45 WIB

Tips Merawat Wajah yang Tepat untuk Kulit Berjerawat

Dahlia | Sabtu, 01/08/2020 19:33 WIB
Tips Merawat Wajah yang Tepat untuk Kulit Berjerawat Foto: ilustrasi
Jakarta (aksi.id) - Seringkali, wajah yang dipenuhi jerawat membuat kita merasa tidak percaya diri. Berbagai cara pun dilakukan untuk menghilangkannya, termasuk dengan memakai skin care, melakukan prosedur-prosedur kecantikan atau dengan menggunakan makeup untuk menutupi jerawat.
 
 
Selain melakukan langkah-langkah menghilangkan jerawat, Ladies juga harus lebih peka dengan cara merawat wajah. Sebab wajah berjerawat membutuhkan treatment khusus agar tidak semakin parah dan menimbulkan masalah kulit lainnya.
 
Untuk mengetahui cara merawat wajah berjerawat dengan tepat, berikut kami telah merangkum lima langkah seperti dilansir dari berbagai sumber. Simak selengkapnya berikut ini.
 
 

1. Memperhatikan cara membersihkan wajah

Cara Merawat Wajah yang Tepat untuk Kulit Berjerawat (1)
Mencuci Muka. Foto: Shutterstock
Menurut American Academy of Dermatology Association, kita disarankan untuk membersihkan wajah dua kali sehari saja. Tepatnya saat baru bangun dan saat kita akan tidur, kecuali wajah kita berkali-kali terpapar kotoran yang mengganggu.
 
 
Selain itu, perhatikan pula pembersih yang kamu gunakan. Hindari memakai sabun yang menghasilkan banyak busa dan memiliki kandungan yang terlalu keras. Usahakan untuk mencuci wajah dengan produk yang mild. Ladies juga harus memastikan kapas wajah yang digunakan memiliki bahan yang lembut. Trik ini bisa membantu mengurangi risiko kulit berjerawat jadi iritasi.
 

2. Hindari melakukan eksfoliasi terlalu sering

Meski bagus dilakukan dan bisa mengangkat sel-sel kulit mati, tetapi proses eksfoliasi bukan rutinitas kecantikan yang bisa dilakukan terlalu sering bagi pemilik kulit berjerawat. Menurut ahli kulit dan perawat kecantikan asal Amerika Serikat, Jamie Sherrill, eksfoliasi tidak bisa dilakukan secara berlebihan karena bisa mengangkat sel pelindung kulit. Jadi setidaknya kamu melakukan eksfoliasi seminggu sekali saja.
 
 
Bagi kamu yang terlanjur berlebihan melakukan eksfoliasi, Jamie menyarankan agar kamu menghentikan dulu pemakaian produk eksfoliator sampai kulit kembali normal dan jerawat mulai membaik. Setelah itu, lakukan lagi eksfoliasi seperti saran ahli, yaitu satu sampai dua kali seminggu agar kulit tampak cerah dan bebas jerawat.
 

3. Gunakan produk skin care yang tepat

Cara Merawat Wajah yang Tepat untuk Kulit Berjerawat (2)
Gunakan produk skin care yang tepat. Foto: Shutterstock
Seringkali, beberapa masalah kulit, termasuk jerawat, muncul karena kita menggunakan skin care yang tidak tepat. Bisa jadi, produk yang dipakai terlalu keras untuk kulit, memicu reaksi alergi, bahkan menimbulkan jerawat.
 
 
Namun dalam waktu yang bersamaan, kita harus tetap menggunakan skin care untuk merawat kulit. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan produk yang digunakan. Ladies bisa melakukannya dengan memperhatikan komposisi produk, sekaligus memantau efek produk tertentu pada wajah. Kalau ada produk yang tidak cocok, buatlah catatan dan segera hentikan penggunaannya. Setelah itu hindari produk skin care dengan komposisi serupa di masa depan.
 

4. Hindari makeup yang bisa menutup pori-pori

Cara Merawat Wajah yang Tepat untuk Kulit Berjerawat (3)
Ilustrasi makeup. Foto: Shutter Stock
Saat berjerawat, kita mungkin merasa terganggu dan kurang percaya diri. Akibatnya, kita pun berusaha menutupi jerawat dengan makeup tebal, agar wajah terlihat lebih mulus.
 
 
Padahal, cara ini bisa membuat jerawat semakin parah. Makeup yang berlebihan justru bisa menjadikan kulit semakin teriritasi, sampai-sampai menyebabkan bekas jerawat pada kulit wajah.
 
 
Oleh karena itu, kita disarankan untuk tidak menutupi wajah dengan makeup yang terlalu tebal saat berjerawat. Sekalipun harus menggunakan makeup, kita disarankan untuk memilih riasan dengan bahan bebas minyak atau non-comedogenic, agar kondisi kulit tak semakin parah.
 

5. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Cara Merawat Wajah yang Tepat untuk Kulit Berjerawat (4)
Hindari junk food agar kulit berjerawat tidak makin parah. Foto: dok.Shutterstock
Kalau kamu pernah mendengar ungkapan bahwa apa yang kita konsumsi bisa mempengaruhi kesehatan kulit, bisa jadi itu sangat benar. Karena selain tidak baik untuk kesehatan tubuh, makanan dan minuman yang tidak sehat bisa membuat kulit berjerawat semakin parah.
 
Bisa jadi kita memiliki reaksi alergi terhadap bahan tertentu. Misal, terhadap susu atau telur. Meski orang lain tidak mengalami reaksi apa-apa, ada sebagian di antara kita yang akan mudah berjerawat jika mengkonsumsi produk tersebut secara berlebihan.
 
Selain itu, secara umum, kita disarankan untuk menghindari terlalu banyak mengonsumsi junk food. Makanan siap saji sering disebut sebagai sumber dari berbagai masalah kulit, termasuk jerawat.
(lia/sumber:kumparan)