press enter to search

Sabtu, 15/08/2020 08:42 WIB

Di Tambun Selatan, Jurkam Bang Sarta Bisa Jual 100 Kambing Saat Idul Adha

Redaksi | Sabtu, 01/08/2020 19:45 WIB
Di Tambun Selatan, Jurkam Bang Sarta Bisa Jual 100 Kambing Saat Idul Adha Bang Sarta juragan kambing di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

BEKASI (Aksi.id) - Dia bukanlah pedagang kambing musiman. Tidak bisnis hewan itu saat menyambut Hari Raya Idul Adha. 

Bang Sarta telah belasan tahun berniaga kambing. Bisnis itu hanya usaha satu-satunya pria kelahiran Kabupaten Bekasi.

Dia menjajakan kambing di rumahnya di Jalan Pengadilan, Teidaya Sakti, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Di depan, samping dan belakang rumah terdapat kandang kambing dan domba.

 Jadi wajar dia mendapat sebutan jurkam, yang merupakan akronim dari juragan kambing. "Saya udah 16 tahun dagang kambing," tuturnya kepada Aksi.id dan BeritaTrans.com, kemarin.

 Dia mengaku penjualan kambingnya cukup menggairahkan sehati-harinya. Penjualan itu bahkan meroket hingga 100 ekor saat Idul Adha.

Saat Idul Adha tahun 2020 ini, dia mengaku penjualan tak setinggi itu. "Masih lumayan sih sampe 70 ekor," ungkapnya. Dia menjual dengan harga bervariasi Rp2 juta hingga Rp4 juta.

Kambing dan domba dagangannya dipasok dari Banjarnegara, Jawa Tengah. "Usaha kambing saya ini ada sertifikatnya dari Pemda Bekasi," cetusnya.

Dengan sertifikat dari Dinas Peternakan Pemkab Bekasi, maka kambing dan domba yang diperdagangkan Sarta mendapat jaminan kesehatan. "Ada petugas yang rajin kontrol ke mari," ujarnya.

Dia mengutarakan kambing dan domba setiap harinya lebih banyak diserap oleh pedagang sate dan sop kambing. "Pedagang maunya daging segar. Jadi beli dari saya, potong sama disiangin di sini, terus dibawa dah dagingnya," tuturnya.

Aqiqah

Sarta juga menerima pesanan kambing untuk aqiqah. Daging kambing dapat diolah menjadi masakan untuk dimasukkan ke dalam boks.

Dia mematok harga tambahan Rp500.000 untuk mengolah daging kambing menjadi hidangan siap santap. "Kalau orang maunya lengkap sama nasi sama laen-laennya ya tambah biayanya," ujarnya.

"Tinggal terima jadi dah. Mau diambil di sini apa mau dianter, saya siap ajah," cetusnya. (awe).

 

 

 

Keyword Idul Adha