press enter to search

Sabtu, 15/08/2020 08:51 WIB

Penyakit Lupus: Apa Itu, Penyebab & Cara Mengobati

Redaksi | Sabtu, 01/08/2020 20:41 WIB
Penyakit Lupus: Apa Itu, Penyebab & Cara Mengobati Foto: infografis

Jakarta (Aksi.id) - Penyakit lupus mungkin bukanlah istilah baru untuk Anda ketahui. Dimana penyakit yang tergolong berbahaya ini sudah banyak menyerang penduduk di seluruh dunia.

Meskipun lupus bukanlah satu penyakit baru, namun masih banyak di antara kita yang belum tahu akan penyakit ini. Berikut ini informasi penyakit Lupus yang dihimpun dari berbagai sumber.

Apa Itu Penyakit Lupus?

Lupus (odapus) adalah suatu penyakit yang menyerang sistem imunitas dimana jaringan yang ada di dalam tubuh dianggap sebagai benda asing. Lupus sendiri tergolong penyakit berbahaya yang cukup banyak merenggut nyawa seseorang. Bahkan penyakit ini setara dengan penyakit kanker yang bisa berdampak pada kematian. Tidak sedikit dari mereka yang menderita lupus tidak bisa tertolong lagi.

Penderita lupus dianggap sebagai orang yang memiliki kelainan pada kulit. Dimana tanda awal dari penyakit ini adalah munculnya bercak merah di bagian wajah terutama pipi, badan terasa panas, rambut mulai rontok, adanya pembengkakan pada sendi dan masih banyak lagi.

Secara garis besar, lupus diartikan sebagai kondisi dimana tubuh telah memproduksi antibodi dengan jumlah yang sangat besar. Dalam kondisi normal, antibodi memiliki peran untuk menjaga tubuh dari masuknya benda asing seperti virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Namun pada penderita lupus, antibodi justru menyerang tubuhnya sendiri dengan merusak sel-sel sehat di dalamnya. Akibatnya, penderita lupus sering mengalami peradangan dan infeksi pada sistem jaringan tubuhnya


Penyebab Penyakit Lupus

Lupus merupakan penyakit yang timbul akibat gangguan pada sistem imunitas seseorang. Jadi, dapat dipastikan jika penyakit ini bukan berasal dari virus maupun bakteri. Untuk penyebab penyakit odapus atau lupus memang belum diketahui secara pasti. Namun beberapa faktor diyakini menjadi penyebab paling kuat untuk penyakit kronis yang satu ini. Berikut beberapa penyebab penyakit lupus:

- Faktor Genetik, memiliki anggota keluarga yang mengidap penyakit odapus akan memperbesar kemungkinan untuk Anda terkena penyakit yang sama. Seperti, bayi yang terlahir dari seorang ibu yang terkena penyakit odapus atau memiliki gangguan pada sistem imunitasnya.
- Hormon, hormon estrogen yang dihasilkan oleh wanita memiliki resiko 9 kali lebih tinggi dibanding hormon androgen yang dihasilkan dari tubuh pria. Sehingga kebanyakan penderita penyakit ini adalah wanita.
- Lingkungan, lingkungan yang kurang sehat juga dapat memperbesar resiko akan penyebab penyakit odapus, misalnya lingkungan berpolusi, lingkungan beracun, asap rokok, silika, merkuri, dll.
- Jenis Kelamin, telah diketahui jika wanita memiliki resiko 9 kali lebih tinggi dibandingkan pria.
- Ras, penyakit odapus lebih banyak diderita oleh penduduk yang bertempat tinggal di benua Asia dan Afrika.
- Mengkonsumsi Obat-Obatan, beberapa penggunaan obat seperti antibiotik, obat anti kejang, dan jenis obat lainnya memicu timbulnya penyakit odapus.
- Paparan Sinar Matahari, timbulnya luka pada kulit atau kulit kemerahan dan terasa kebakar pada penderita lupus diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Cara Mengobati Penyakit Lupus

Sejauh ini, medis belum menemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit odapus secara total. Namun beberapa metode pengobatan dapat memperkecil kemungkinan untuk hal yang lebih parah. Biasanya penderita lupus akan ditangani dengan pemberian obat untuk meringankan gejala yang dialami, seperti:

- Pemberian obat anti radang non-steroid
- Obat anti-malaria
- Kortikosteroid
- Imunosupresan

Selain itu, penderita lupus juga akan diberikan beberapa metode penyembuhan penyakit ini, seperti:

- Mencegah timbulnya gejala lupus
- Mengurangi gejala yang ditimbulkan
- Terapi untuk menghindari komplikasi
- Mengurangi terjadinya pembengkakan
- Menenangkan sistem imunitas tubuh

(ny/Sumber: CNBCIndonesia)