press enter to search

Kamis, 29/10/2020 12:19 WIB

Istana Perketat Protokol Kesehatan, Tamu Presiden Jokowi Harus Swab

Redaksi | Senin, 03/08/2020 13:38 WIB
Istana Perketat Protokol Kesehatan, Tamu Presiden Jokowi Harus Swab  Tamu Presiden.

JAKARTA (Aksi.id) - Protokol kesehatan di Istana Kepresidenan diperketat. Setiap tamu yang akan bertemu Presiden Joko Widodo  wajib mengantongi tes swab dengan hasil negatif covid-19.

Hal ini ditempuh setelah dua orang diketahui positif corona padahal baru berkunjung ke Istana.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan, selain mengantongi hasil negatif tes swab, tamu akan kembali dirapid tes pada hari H kunjungan.

"Walau sudah dilakukan swab, pada hari H kami akan lakukan rapid test," kata Heru melalui keterangan tertulis yang diterima, Senin (3/8).

Heru menuturkan, protokol kesehatan juga diterapkan di sarana dan prasarana lingkungan istana, misalnya dengan menjaga jarak antarkursi dan antara kursi tamu dengan kursi Jokowi dengan jarak 2 hingga 2,5 meter.

Selain itu, di meja oval tempat Jokowi biasa menerima tamu juga akan ditambah pembatas berupa kaca akrilik.

"Sehingga pak presiden walau berhadapan tetap ada batas," ujarnya.

Heru juga mengatakan bahwa jendela ruangan-ruangan di lingkungan istana juga rutin dibuka agar sirkulasi udara tetap lancar dan segar.

"Selain itu tetap menggunakan masker, tetap cuci tangan, dan tetap masuk ke tabung disinfektan sehingga semua terjamin protokol kesehatan di istana," ucap Heru.

Sebelumnya, protokol untuk masuk ke lingkungan istana dan bertemu Jokowi hanya dilakukan dengan rapid test. Sementara duduk dengan jarak telah diatur sejak lama.

Sejumlah pejabat diketahui terinfeksi positif covid-19 usai bertemu Jokowi, yakni Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo yang positif covid usai dari istana. Tak lama Gubernur Kepulauan Riau Isdianto juga positif covid-19 usai dilantik Jokowi. (ds/sumber CNNIndonesia.com)