press enter to search

Sabtu, 20/04/2024 05:59 WIB

Guru Besar UGM Cornelis Lay Meninggal Dunia

Redaksi | Rabu, 05/08/2020 10:04 WIB
Guru Besar UGM Cornelis Lay Meninggal Dunia Guru Besar Fisipol UGM Cornelis Lay.

YOGYA (Akisi.id) - Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) Cornelis Lay meninggal dunia pada Rabu (5/8). Cornelis menghembuskan nafas terakhir pada usia 61 tahun.

Berdasarkan keterangan tertulis FISIP UGM yang ditandatangani Dekan Erwan Agus Purwanto, Cornelis meninggal pada pukul 04:00 WIB di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta.

Jenazah akan dimakamkan pada Kamis (6/8) pukul 14:00 WIB di pemakaman UGM, Sawitsari, Sleman Yogyakarta.

Hari ini mendiang akan disemayamkan di Balairung UGM pada pukul 13.00 WIB, setelah berangkat dari rumah duka pada pukul 12:00 WIB.

Alamat duka berada di Perum Cemara Blok F-13 Krodan RT 13 RW 71 Maguwoharjo Depok, Sleman, Yogyakarta.

Cornelis Lay lahir di Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada 6 September 1959. Dia merupakan ilmuwan politik di UGM yang bekerja pada hubungan negara-masyarakat sipil dan desentralisasi demokratis dalam berbagai isu di Indonesia.

Selama ini Cornelis juga merupakan politikus senior PDI Perjuangan, namun tidak masuk struktur kepengurusan partai. Dia lebih banyak berperan di balik layar, termasuk salah satu penasihat politik Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri.

Pada Pilpres 2014, dia menjabat Ketua Tim Ahli dan Pakar Politik Tim Pemenangan dan Perumus Joko Widodo-Jusuf Kalla. Dia juga ikut menyusun teks pidato kenegaraan ketika Jokowi pertama kali dilantik sebagai presiden.

Pada 2015, Cornelis sempat dirawat di RS BROS akibat serangan jantung ketika menghadiri kongres PDIP di Sanur, Bali, sebelum dipindahkan ke Singapura dari Rumah Sakit Bali Royal Hospital (BROS). Saat itu, dia kaget ketika ada letusan kembang api.

Pada 2011 lalu, Cornelis telah dipasangi ring jantung 1. Selanjutnya pada 2013 ia dipasangi ring 3. (ds/sumber CNNIndonesia.com)