press enter to search

Minggu, 27/09/2020 19:16 WIB

3 Golongan Ini Tak Akan Diajak Allah SWT Bicara di Akhirat

Redaksi | Jum'at, 14/08/2020 16:31 WIB
3 Golongan Ini Tak Akan Diajak Allah SWT Bicara di Akhirat Ilustrasi.

JAKARTA (Aksi.id) - Dari Abu Hurairah RA bahwa Nabi SAW bersabda: "Ada tiga golongan yang Allah tidak mengajak mereka bicara pada hari kiamat dan Allah juga tidak akan memandang mereka (yaitu)

(1) Seseorang yang bersumpah dalam dagangannya sehingga bisa diberi lebih banyak daripada biasanya, dan ia dusta dalam sumpahnya.

(2) Seseorang yang melakukan sumpah dusta setelah `ashar dengan ambisi bisa mendapatkan harta orang muslim lainnya.

(3) Dan seseorang yang menahan kelebihan air (tidak berbagi), sehingga Allah pada hari kiamat berfirman `Saya sekarang menahan kurnia-Ku sebagaimana engkau pernah menahan kelebihan air yang kedua tanganmu tidak bekerja karenanya." (HR Al-Bukhari)

Allah SWT memberikan berbagai ganjaran bagi umat manusia atas apa yang telah mereka perbuat di dunia. Jika perbuatan baik maka akan diganjar baik pula, selama dilakukan dengan ikhlas mengharap ridha-Nya. Demikian pula, tindakan buruk selama di dunia juga akan mendapatkan balasan setimpal, berupa keburukan pula.

Di antara, contoh ganjaran baik atas amalan saleh selama di dunia, antara lain diberikan Allah SWT kepada  tujuh golongan yang akan mendapatkan payung langsung dari Allah kelak, di saat tak ada lagi tempat berteduh di Padang Mahsyar.

Maka dalam hadits riwayat Abu Hurairah yang dinukilkan Imam Bukhari di atas, Allah SWT memberikan ancaman balasan bagi tiga golongan kelak di akhirat. Ketiga golongan tersebut diancam tidak akan mendapat nikmat berupa bertemu dan berhadapan langsung dengan Allah SWT serta berbicara dengan-Nya. Ketiga golongan tersebut adalah:   

1. Seseorang yang bersumpah dalam dagangannya sehingga bisa diberi lebih banyak daripada biasanya, dan ia dusta dalam sumpahnya  

2. Seseorang yang melakukan sumpah dusta setelah `ashar dengan ambisi bisa mendapatkan harta orang muslim lainnya

3. Dan seseorang yang menahan kelebihan air (tidak berbagi)

Jika dicermati lebih lanjut, sanksi yang diberikan kepada tiga golongan tersebut berkaitan erat dengan bagaimana kita menjaga hak dengan rang lain. Islam mengajarkan kita untuk berbuat sama dan menjaga perlakuan adil. Semoga kita diberikan kekuatan dan bimbingan untuk senantiasa menjaga hak-hak kita terhadap sesama manusia. (ds/sumber Republika.co.id)