press enter to search

Minggu, 27/09/2020 21:08 WIB

Rusia Mulai Produksi Vaksin Covid-19 Gelombang Pertama

Dahlia | Sabtu, 15/08/2020 19:35 WIB
Rusia Mulai Produksi Vaksin Covid-19 Gelombang Pertama Foto: ilustrasi
Jakarta (aksi.id) - Rusia memproduksi vaksin corona gelombang pertama, seperti diberitakan kantor berita Interfax yang mengutip pernyataan Kementerian Kesehatan, Sabtu (15/8). Pernyataan ini dikeluarkan beberapa jam setelah kementerian melaporkan dimulainya produksi.
 
Dilansir dari Reuters, sejumlah peneliti khawatir persetujuan regulasi yang cepat dari Moskow dapat mempertaruhkan prestise nasional di atas keselamatan di tengah perlombaan global untuk mengembangkan vaksin.
 
Rusia mengatakan bahwa vaksin tersebut akan diluncurkan akhir bulan ini.
 
 
Rusia Mulai Produksi Vaksin Corona Gelombang Pertama (1)
Seorang ilmuwan menyiapkan sampel selama penelitian dan pengembangan vaksin melawan virus corona di laboratorium perusahaan bioteknologi BIOCAD di Saint Petersburg, Rusia. Foto: Anton Vaganov/REUTERS
Persetujuan regulasi tersebut keluar sebelum uji coba yang biasanya melibatkan ribuan relawan, atau yang biasa disebut sebagai fase ketiga. Uji coba tersebut dianggap sebagai prekursor penting bagi vaksin untuk mendapatkan persetujuan regulasi.
 
 
Vaksin tersebut diberi nama "Sputnik V" sebagai penghormatan kepada satelit pertama di dunia yang diluncurkan Uni Soviet. Presiden Vladimir Putin memastikan publik bahwa virus tersebut aman, dan menyebut salah satu putrinya telah mencoba vaksin itu sebagai relawan dan merasa baik-baik saja setelahnya.
 
 
Institut Gamaleya yang mengembangkan vaksin itu mengatakan Rusia akan memproduksi sekitar 5 juta dosis per bulan pada Desember-Januari 2021. (lia/sumber:kumparan)