press enter to search

Jum'at, 19/04/2024 07:54 WIB

Bandara Buntu Kunik Tana Toraja Berhasil Didarati Pesawat Kalibrasi Ditjen Hubud

Dahlia | Sabtu, 15/08/2020 20:44 WIB
Bandara Buntu Kunik Tana Toraja Berhasil Didarati Pesawat Kalibrasi Ditjen Hubud Foto:istimewa

TANA TORAJA (aksi.id) – Proyek pembangunan Bandara Buntu Kunik di Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja, Sulawesi Selatan telah rampung.

Pesawat Kalibrasi Hawker 900 XP milik Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan RI sukses mendarat pada Rabu (12/8/2020), sekitar pukul 10.30 Wita.

Dalam rilis yang diterima dari Humas Pemprov Sulsel, Kamis (13/8/2020), pesawat milik Kemenhub ini melakukan uji coba runway atau landasan pacu sebelum diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Rencananya, Bandara Buntu Kunik (BBK) ini akan diresmikan oleh Jokowi pada bulan Agustus ini.

“Tadi pesawat Kalibrasi sudah mendarat di Bandara Buntu Kunik (BBK). Itu uji coba sebelum Presiden mendarat ke sana. Karena kita berharap sebenarnya Agustus ini, bandara kita akan diresmikan,” kata Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Ia menyebutkan, hadirnya BBK menjadi satu bukti sistem transportasi yang sudah dibangun di Sulsel.

Dengan selesainya pembangunan Bandara Buntu Kunik di Toraja ini akan semakin memberikan nilai tambah pada perkembangan pariwisata di Toraja.

“Kami meminta kepada pemerintah pusat untuk memaksimalkan dengan landasan pacu 2.600 meter. Saat ini, pembangunannya telah sampai 1.400 meter dan sudah bisa melayani pesawat jenis ATR-72,” tuturnya.

(ray/sumber dan foto: kompas.com).