press enter to search

Jum'at, 23/10/2020 01:39 WIB

Jumlah Pendaftar Relawan Vaksin Corona Lampaui Target

Dahlia | Senin, 17/08/2020 13:05 WIB
Jumlah Pendaftar Relawan Vaksin Corona Lampaui Target Relawan uji klinis vaksin Covid-19 mencapai 1.800 orang. (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Jakarta (aksi.id) - Jumah pendaftar relawan uji klinis fase III yang telah disuntik vaksin Covid-19 di Bandung, Jawa Barat melebihi target. Sampai dengan Senin (17/8), pendaftar sudah mencapai 1.800 orang, atau melampaui kebutuhan sebanyak 1.620 orang.

"Jumlah pendaftar 1.800 orang. Sudah melebihi target," kata Manajer Lapangan Tim Riset Universitas Padjadjaran (Unpad) Eddy Fadlyana, Senin (17/8).

Meski jumlah pendaftar telah melebihi kuota, namun tim riset masih membuka pendaftaran sesuai jadwal yakni pada 31 Agustus 2020. Pendaftaran relawan itu diketahui mulai dibuka sejak 27 Juli lalu.

"Pendaftaran tetap dibuka sampai batas waktu. Tetap dibuka untuk menyiapkan cadangan," ujarnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan uji klinis vaksin di Bandung dibutuhkan sekitar 1.620 relawan dengan rentang usia antara 18 hingga 59 tahun. Selain berdomisili di Bandung, calon relawan nuga harus dinyatakan lolos verifikasi kesehatan fisik dan tidak terpapar Covid-19.

Adapun penyuntikan uji klinis vaksin Covid-19 di antara para relawan dilakukan secara acak dan rahasia. Ada yang diberikan vaksin atau plasebo. Tidak diketahui apakah mereka mendapat cairan vaksin yang sedang diuji klinis fase III itu atau hanya plasebo sebagai alat kontrol.

Relawan disuntik Vaksin Covid-19 di Bandung mencapai 131 orang

Jumlah relawan uji klinis fase III yang telah disuntik vaksin Covid-19 di Bandung, Jawa Barat sudah mencapai 131 orang. Penyuntikan vaksin dilakukan secara bertahap sejak Senin (11/8).

"Jumlah yang disuntik sudah 131 orang," ucap Eddy Fadlyana.

Eddy menuturkan, jadwal penyuntikan vaksin dilakukan pada pekan lalu dilakukan tiap Selasa dan Jumat. Jumlah relawan yang disuntik pada dua hari itu sebanyak 25 orang di tiap pusat vaksinasi.

Adapun lokasi uji klinis vaksin tersebar di enam tempat, yakni di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Balai Kesehatan Unpad, Puskesmas Garuda, Puskesmas Dago, Puskesmas Ciumbuleuit, dan Puskesmas Sukapakir. Semuanya di Kota Bandung.

Menurut Eddy, pelaksanaan penyuntikan vaksin Covid-19 akan kembali dilakukan pada Selasa (25/8).

"Mulai lagi (penyuntikan vaksin Covid-19) tanggal 25 Agustus," tutupnya. (lia/sumber:cnnindonesia)