press enter to search

Jum'at, 23/10/2020 04:17 WIB

Bantu UMKM, Menkeu Sri Mulyani Ajak Masyarakat Jajan di Warteg

Redaksi | Kamis, 20/08/2020 13:06 WIB
Bantu UMKM, Menkeu Sri Mulyani Ajak Masyarakat Jajan di Warteg Sri Mulyani.

JAKARTA (Aksi.id) - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengajak seluruh masyarakat untuk membantu UMKM dalam negeri. Salah satunya dengan membeli makanan di warteg.

Menurutnya, peran masyarakat sangat penting dalam membantu keberlangsungan UMKM terutama yang terdampak pandemi Covid-19. Hal tersebut bisa dimulai dengan membeli produk UMKM terdekat.

"Jangan hanya bergantung kepada pemerintah untuk melakukan peran tersebut. Setiap dari Anda bisa memberikan kontribusi yang signifikan, mulai dari membeli produk-produk UMKM, membeli makanan di warteg dekat rumah anda, atau membeli produk dari orang-orang seperti chef yang sempat bekerja di hotel kemudian dirumahkan," ujarnya di webinar Rabu (19/8/2020).

Lanjutnya, Pemerintah akan tetap melakukan perannya dalam membantu UMKM. Dimana, anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk membantu UMKM telah dialokasikan sebesar Rp 123,47 triliun.

Dukungan UMKM ini mulai dari subsidi bunga, pembiayaan investasi hingga penempatan dana pemerintah di perbankan.

"Kami melakukan yang terbaik untuk menggelontorkan bantuan baik melalui instusi formal seperti perbankan hingga non formal melalui PMN, Pegadaian, dan koperasi untuk bisa mendistribusikan ke sebanyak mungkin UMKM," kata dia.

Sebagai informasi, hingga awal Agustus 2020 anggaran dukungan UMKM telah terealisasi sebesar Rp 32,5 triliun atau sebesar 27,1% dari pagu yang ditetapkan sebesar Rp 123,47 triliun. Anggaran ini disalurkan mulai dari penempatan dana di perbankan, pembiayaan investasi hingga pemberian subsidi bunga bagi UMKM. (ds/sumber CNBC Indonesia)