press enter to search

Minggu, 01/11/2020 06:05 WIB

Prabowo: Bela Negara Merupakan Tekad Menjaga Kedaulatan NKRI

Redaksi | Rabu, 09/09/2020 12:58 WIB
Prabowo: Bela Negara Merupakan Tekad Menjaga Kedaulatan NKRI Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat rapat kerja dengan Komisi I DPR.

JAKARTA (Aksi.id) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyatakan, bela negara merupakan tekad dan perilaku warga negara baik secara perseorangan secara kolektif untuk menjaga kedaulatan negara keutuhan bangsa.

"Bela negara dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasar Pancasila UUD 1945. Hal itu dilakukan dalam menjamin kelangsungan hidup bernegara dari ancaman," ujar Prabowo melalui Direktur Jenderal Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kementerian Pertahanan (Kemhan) Bondan Tiara, saat meresmikan AB Susanto Center untuk Manajemen Bela Negara di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ), Rabu (9/9/2020).

Ancaman didefinisi ancaman militer dan non militer, bela negara adalah sikap mental yang penting ditanamkan guna membangun daya tangkal bangsa dan pertahanan negara.

Kewajiban Bersama

Bela negara adalah hak dan kewajiban bersama dalam menjaga kelangsungan hidup NKRI. Oleh sebabnya, bela negara adalah inisiatif seluruh elemen bangsa yang lebih banyak ke elemen non pertahanan dalam selaras lima elemen utama.

"Bela negara memiliki lima elemen, satu bela negara cinta tanah air, dua sadar berbangsa bernegara, tiga setia kepada pancasila sebagai ideologi negara, empat rela berkorban untuk negara, dan lima memiliki kemampuan awal bela negara," ujarnya. (ds/sumber Liputan6.com)