press enter to search

Sabtu, 20/04/2024 22:33 WIB

Di Webinar Balitbanghub, Ini 5 Pesan Komisi V DPR kepada Kemenhub di Masa Pandemi

Dahlia | Selasa, 15/09/2020 13:06 WIB
Di Webinar Balitbanghub, Ini 5 Pesan Komisi V DPR kepada Kemenhub di Masa Pandemi Foto:istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Masa pandemi Covid-19 belum juga berakhir, namun langkah maju tetap harus dilaksanakan demi Indonesia tak terpuruk dan masuk ke masa resesi.

Ketua Komis V DPR Lasarus menyebutkan pertumbuhan ekonomi dengan dukungan transportasi menunjukan pertumbuhan

Komisi V DPR juga mengambil langkah preventif dengan meminta agar Kementerian Perhubungan meningkatkan koordinasi lintas sektoral.

“Pengamanan kesehatan, deteksi dini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 utamanya di bandara dan pelabuhan,” ujar Lasarus di sela Webinar Series besutan Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub), Selasa (15/9/2020).

Ada lima pesan yang disampaikannya kepada Kemenhub guna mengoptimalisasi penangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Pertama adalah agar secara ketat penerapan protokol kesehatan diterapkan pada pelaksanaan angkutan logistik, penumpang, dan barang di tiap check poin dan simpul-simpul transportasi.

“Kedua, perluas sebaran program Padat Karya untuk membantu memulihkan perekonomian masyarakat,’ paparnya.

Selanjutnya agar meningkatkan frekuensi Tol Laut sesuai tumpuan logistik terutama di daerah tertinggal, terdepan, terluar, dan perbatasan (3TP).

Keempat Lasarus juga berpesan belanja Kementerian/Lembaga agar berfokus pada masyarakat di masa pandemi Covid-19 tak terkecuali pada sektor transportasi.

“Terakhir, stakeholder seperti BUMN transportasi agar berperan dan dukung penanganan Covid-19 sert membantu masyarakat dengan program non profit,” ungkap dia. (omy)