press enter to search

Selasa, 24/11/2020 02:10 WIB

Banjir Bandang Sukabumi, Pabrik Aqua Tutup

Redaksi | Selasa, 22/09/2020 11:22 WIB
Banjir Bandang Sukabumi, Pabrik Aqua Tutup Pabrik Aqua di Sukami terkena banjir.

SUKABUMI (Aksi.id) - Salah satu pabrik Aqua milik PT Aqua Golden Mississippi di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat terkena dampak banjir bandang pada Senin (21/9) malam, hingga tak operasi sementara.

Perusahaan mengambil langkah untuk menutup sementara keseluruhan area pada komplek pabrik untuk dibersihkan. Video pabrik Aqua terendam ini pun tersebar di media sosial. Tampak air berwarna coklat dengan tinggi sekitar 30 cm menggenangi area pabrik.

"Tadi malam ada jalur lini produksi di bagian depan atau depan sungai terdampak. Tapi demi keamanan dan keselamatan, semua karyawan dipulangkan dan dilakukan pembersihan. Hari ini masih diteruskan pembersihan. Dari beberapa lajur atau lini produksi hanya 1 yang terkena," kata Corporate Communication Director Danone Indonesia Arif Mujahidin, Selasa (22/9).

Ia menyebut ada sekitar 6-7 lini produksi yang ada pada pabrik tersebut. Namun hanya 1 yang terdampak akibat banjir bandang. Saat ini, kegiatan produksi pun ditutup karena masih dalam tahap pembenahan. Sejumlah fasilitas dicek, antara lain aliran listrik di pabrik.

Menurutnya saat ini area genangan yang tergambar di video sudah surut.

"Kalau diteliti yang menempel di lantai, itu kemasan produk yang belum sempat diproses. Mesin-mesin posisinya di atas. Kalau dilihat, pengisian sebenarnya tidak terdampak air kotor itu. Cuma ya karena kembali lagi masalah listrik keselamatan, jadi kita putuskan sampai saat ini nggak beroperasi," jelas Arif.

Ia mengakui kejadian ini merupakan pertama kalinya pabrik Aqua di Sukabumi terendam banjir.

"Ini pertama kali, di pucuk gunungnya (ada masalah). Itu jadi pembelajaran semua. Karena banjir bandang sifatnya. Jadi dari hulunya bener-benar mungkin, di daerah konservasi atau lebih tinggi dari Cicurug ini. Di hulu sungainya," sebut Arif.

Ia tidak bisa menjanjikan kapan operasional pabrik di Cicurug bisa kembali normal.

"Jumlah pabrik Aqua di seluruh Indonesia ada 20, di sekitar Sukabumi ada beberapa, mungkin 4 dekat-dekat situ. Supply sementara dialihkan ke pabrik-pabrik lain sampai lokasi tadi area produksi tadi dibersihkan," jelasnya. (ds/sumber CNBC Indonesia.com)