press enter to search

Jum'at, 30/10/2020 03:27 WIB

Tetty Paruntu, Bekas Calon Menteri Jokowi Nomor Urut 1 di Pilgub Sulut

Redaksi | Jum'at, 25/09/2020 16:42 WIB
Tetty Paruntu, Bekas Calon Menteri Jokowi Nomor Urut 1 di Pilgub Sulut Tetty Paruntu.

MANADO (Aksi.id) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah rampung menggelar rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulut 2020, di Manado, Kamis (24/9) kemarin.

Pasangan Christiany Eugenia Paruntu dan Sehan Salim Landjar resmi mendapatkan nomor urut 1 dalam pengundian tersebut. Christiany Eugenia Paruntu atau yang akrab disapa Tetty Paruntu merupakan kader Golkar dan saat ini masih menjabat sebagai Bupati Minahasa Selatan.

Nama Tetty sendiri sempat menimbulkan pertanyaan usai hadir di Istana Negara jelang pengumuman Menteri Kabinet Joko Widodo-Maruf Amin pada medio Oktober 2019 lalu.

Tetty batal menjadi menteri di Kabinet Indonesia maju lantaran tak sempat bertemu dengan Jokowi. Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menyatakan nama Tetty dicoret di menit akhir karena rekam jejaknya pernah diperiksa KPK.

Di Pilkada Sulut, Tetty mendapat dukungan tiga partai politik, yaitu Golkar, PAN, dan Demokrat.

Selain itu, pasangan Vonnie Anneke Panambunan dan Hendry Corneles Mamengko Runtuwene nomor urut 2. Pasangan Vonnie dan Hendry maju Pilgub dengan mendapat dukungan dari dua partai, yakni Nasdem dan PKS.

Sementara itu, pasangan Olly Dondokambey dan Steven OE Kandouw mendapatkan nomor urut 3 di Pilgub Sulut. Pasangan petahana ini diusung oleh koalisi enam partai politik yakni PDIP, Gerindra, PSI, PPP, PKB, dan Perindo.

Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh mengatakan kegiatan pengundian nomor urut dilakukan dengan memperhatikan ketentuan yang diatur dalam peraturan KPU.

"Saya selalu mengingatkan dan mengapresiasi pasangan calon yang menerapkan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 dalam kegiatan ini," kata Ardiles dilansir ANTARA.

Sebelum pengundian dilakukan Ketua Divisi Teknis KPU Sulut, Yessy Momongan menjelaskan mekanisme sekaligus memandu pengundian nomor urut sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan yang ada.

Pelaksanaan rapat pleno terbuka itu dihadiri Ketua Bawaslu Hewyn Malonda serta ketiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut 2020. (ds/sumber Antara/CNNIndonesia.com)

Artikel Terkait :

-