press enter to search

Jum'at, 30/10/2020 02:57 WIB

Antisipasi Banjir, Saluran Air di Jalan KS Tubun dan Jalan Lembaga Administrasi Negara Dikuras

Dahlia | Jum'at, 25/09/2020 17:31 WIB
Antisipasi Banjir, Saluran Air di Jalan KS Tubun dan Jalan Lembaga Administrasi Negara Dikuras Foto:istimewa

Jakarta (aksi.id) - Untuk  mengantisipasi banjir, petugas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Tanah Abang menguras saluran air di Jalan Ks. Tubun dan saluran penghubung (PHB) di Jalan Lembaga Adiministrasi Negara (LAN).

Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) SDA Kecamatan Tanah Abang, Eli Menawan Sari mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan pengurasan saluran air di wilayah Kelurahan Petamburan. Ada dua titik lokasi pengerukan/pengurasan dan penanganan saluran air yakni saluran air di Jalan KS. Tubun dan saluran PHB di Jalan Lembaga Administrasi Negara.

Lebih lanjut Ia menerangkan, pengurasan saluran air di Jalan KS. Tubun panjangnya mencapai 1175 meter, dimensi saluran 80 x 80 Cm dengan ketabalan sidimen lumpur 30 Cm. Ini dilakukan untuk menampung debit air hujan sehingga jika terjadi hujan lebat di jalan tersebut tidak banjir.

Sedangkan di Jalan LAN saluran air yang dikuras yakni saluran penghubung (PHB), panjang pengurasan yakni 1495 M, dimensi saluran 2.5 x 2 meter dengan ketebalan lumpur 40 CM. Pengurasan ini dilakukan agar air mengarah ke kali Banjir Kanal Barat (BKB) lancar dan tidak terjadi genangan, ungkap Eli saat dikonfirmasi, Jum’at (25/9).

Khusus pengurasan saluran penghubung (PHB), kita menggunakan satu unit dumb truck. Dari pengurasan di dua titik lokasi tersebut, 4000 karung sampah dan lumpur diangkut petugas ke PLTU Ancol, Jakarta Utara.

Eli menambahkan, pengurasan/pengerukan dan penangan saluran air dalam rangka menghadapi musim penghujan yang telah tiba. Dalam pengurasan dan penanganan saluran air, pihaknya menerjunkan 29 satgas dan tersebar di dua lokasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, ucapnya.

Sementara Lurah Petamburan, Setyanto mengapreasi sekali terhadap SDA Kecamatan Tanah Abang atas pekerjaannya melakukan pengerukan/pengurasan dan penanganan saluran di dua titik yakni saluran air di Jalan KS. Tubun dan Saluran Penghubung di Jalan LAN.

“ Mudah-mudahan upaya yang telah dilakukan pihak SDA Kecamatan Tanah Abang, banjir di wilayahnya nantinya cepat surut dan akan berkurang, “ (lia)