press enter to search

Kamis, 29/10/2020 12:32 WIB

Studi: Minum Susu Sapi Setiap Hari Tingkatkan Risiko Kanker Payudara 80%

Dahlia | Minggu, 27/09/2020 15:27 WIB
Studi: Minum Susu Sapi Setiap Hari Tingkatkan Risiko Kanker Payudara 80% Foto: ilustrasi
Jakarta (aksi.id) - Selama 7 tahun, National Institutes of Health dan the World Cancer Research Fund telah melangsungkan penelitian dengan melibatkan 52.800 peserta untuk meneliti pengaruh konsumsi susu sapi pada perempuan.
 
Hasil studi tersebut cukup mengejutkan, perempuan yang minum susu sapi dapat meningkatkan risiko kanker payudara sebanyak 80 persen, dibandingkan dengan mereka yang meminum susu kedelai.
 
Dilansir Eat This, penelitian tersebut membandingkan hasil kesehatan perempuan yang minum susu sapi dengan mereka yang konsumsi susu kedelai.
 
 
Dengan catatan, semuanya pernah terlibat dalam studi kesehatan Adventist, di mana para orang Advent biasanya mengikuti pola makan vegetarian dan cenderung makan banyak produk kedelai dibandingkan dengan mereka yang mengikuti diet ala Amerika.
 
 
Riset: Minum Susu Sapi Setiap Hari Tingkatkan Risiko Kanker  Payudara 80 Persen (1)
Ilustrasi susu sapi Foto: Shutterstock
Setelah pendaftaran, semua perempuan diminta untuk mengisi kuesioner makanan yang terperinci. Sebuah kelompok kecil juga dipilih untuk mencatat makanan 24 jam dan memberikan sampel urine secara berkala selama masa penelitian. Hasilnya, lebih dari 1.000 peserta mengembangkan kanker payudara pada akhir penelitian.
 
Para peneliti menemukan bahwa perempuan yang minum 240 ml atau satu gelas susu sapi setiap hari, akan meningkatkan risiko kanker mereka sebesar 50 persen. Ditambah lagi, mereka yang meminum dua hingga tiga cangkir susu sapi setiap hari meningkatkan risiko mereka hingga 80 persen.
 
Informasi ini tidak mengatakan bahwa perempuan yang minum satu cangkir susu sapi setiap hari akan kemungkinan terbentuk kanker payudara sebesar 50 persen.
 
 
Riset: Minum Susu Sapi Setiap Hari Tingkatkan Risiko Kanker  Payudara 80 Persen (2)
Ilustrasi susu kedelai. Foto: Shutterstock
Sebaliknya, temuan ini menunjukkan bahwa susu sapi meningkatkan risiko perempuan secara individu. Misalnya, risiko rata-rata seorang perempuan terkena kanker payudara adalah 12 persen. Jadi, untuk seorang perempuan yang berada di garis rata-rata, risikonya akan meningkat sebesar 50 persen jika dia minum sekitar 240 ml produk susu setiap hari.
 
Sedangkan, bagi para perempuan yang tidak minum susu sapi dan meminum susu kedelai, tidak menunjukkan adanya indikasi peningkatan risiko kanker.
 
The American Cancer Society juga mengatakan, banyak penelitian saat ini menunjukkan bahwa makanan berbahan dasar kedelai seperti susu kedelai, tempe, tahu, dan miso dapat menurunkan risiko kanker payudara. (lia/sumber:kumparan)