press enter to search

Rabu, 28/10/2020 00:54 WIB

Perdana Menteri Narendra Modi Siap Sebar Vaksin Covid-19 Buatan India

Dahlia | Minggu, 27/09/2020 18:00 WIB
Perdana Menteri Narendra Modi Siap Sebar Vaksin Covid-19 Buatan India Perdana Menteri India Narendra Modi

Jakarta (aksi.id) - Perdana Menteri India Narendra Modi berjanji vaksin virus corona (Covid-19) yang diproduksi negaranya akan bisa tersedia secara global. Hal itu disampaikannya pada pertemuan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pekan lalu.

"Sebagai negara penghasil vaksin terbesar di dunia, saya ingin memberikan satu jaminan lagi kepada komunitas global saat ini," kata Modi dalam pidatonya.

"Kapasitas produksi dan pengiriman vaksin India akan digunakan untuk membantu semua umat manusia dalam memerangi krisis ini," katanya.

Janji tersebut disampaikan Modi ketika negaranya terus melaporkan lonjakan kasus virus corona. Saat ini sudah ada lebih dari 5,9 juta orang India yang terinfeksi wabah asal Wuhan, China itu. Sebanyak 94 ribu orang di antaranya telah meninggal dunia.

Modi mengatakan bahwa India sedang memulai proses uji klinis fase tiga, sebuah uji coba skala besar yang dilakukan untuk menentukan keamanan dan kemanjuran vaksin. Ia juga mengatakan bahwa India akan membantu semua negara meningkatkan fasilitas penyimpanan (cold chain) untuk pengiriman vaksin.

Sebelumnya pada Agustus, Modi mengatakan India siap untuk memproduksi secara massal vaksin Covid-19 ketika para ilmuwan memberikan izin, sebagaimana dilaporkan Al-Jazeera, Minggu (27/9/2020).

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyambut baik kabar pendistribusian vaksin secara merata. Namun, ia juga mengecam beberapa negara yang diyakininya telah membuat kesepakatan tersembunyi untuk mengamankan vaksin.

"`Vaksinasi` seperti itu tidak hanya tidak adil, tapi juga merugikan diri sendiri. Tidak ada dari kita yang aman sampai kita semua aman. Semua orang tahu itu," kata Guterres di Sidang Umum tersebut. (lia/sumber:cnbcindonesia)