press enter to search

Selasa, 01/12/2020 01:03 WIB

Tower 8 Wisma Atlet Dibuka Besok untuk Pasien OTG

Redaksi | Senin, 28/09/2020 13:39 WIB
Tower 8 Wisma Atlet Dibuka Besok untuk Pasien OTG    Tower 8 RS Wisma Atlet.

JAKARTA (Aksi.id) - Koordinator Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Mayjen TNI Tugas Ratmono mengatakan tower 8 Wisma Atlet Kemayoran sudah bisa ditempati pada Selasa 29 September, untuk isolasi mandiri pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG). Saat ini persiapan telah memasuki tahap finalisasi.

"Kita siapkan hari ini, mudah-mudahan paling lama besok pagi [bisa dipakai], semoga semuanya dalam kondisi siap pakai paling tidak besok pagi," ujarnya dalam dialog `Update Wisma Atlet: Pembukaan Tower 8 Flat Isolasi Mandiri` di YouTube BNPB, Senin (28/9).

Dia merinci finalisasi yang sedang dilakukan , seperti persiapan ruangan untuk menggunakan APD bagi tenaga kesehatan, persiapan ruangan isolasi mandiri, dan persiapan penerimaan masuk pasien menggunakan sistem digital.

Penggunaan sistem digital ini disebut akan memudahkan tenaga kesehatan melakukan pendataan pasien masuk dan keluar, serta memudahkan koordinasi dengan puskesmas yang akan merujuk pasien.

"Kesiapan APD, ruang menggunakan APD, kita finalisasi supaya dalam pelaksanaan semua sistem bisa berjalan baik, termasuk penerimaan sistem digital ini juga kita rampungkan hari ini," kata Tugas.

Dengan pembukaan tower 8 esok, RSD Wisma Atlet akan memiliki tiga tower untuk isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala. Sebelumnya  tower 4-5 telah lebih dulu digunakan untuk isolasi mandiri OTG.

Untuk tower 4, Tugas mengatakan keterpakaian hunian sudah mencapai 90 persen. Sehingga pihaknya memutuskan untuk membuka tower 8.

"Tower 4 sudah cukup tinggi keterpakaiannya, 90 sekian persen, tower 5, 39 persen pagi ini, sebenarnya masih bisa menampung tapi kita harus betul-betul persiapkan supaya ke depan bisa tetap menampung isolasi mandiri," katanya.

Tugas menuturkan keterpakaian hunian di RSD Wisma Atlet masih menunjukkan peningkatan setiap harinya meski beberapa kali ada pengurangan pasien.

Dalam tiga hari terakhir, terhitung sejak 25-27 September, pasien isolasi mandiri di tower 4 dan 5 mengalami pengurangan dan peningkatan. Pada Jumat (25/9) pasien OTG berjumlah 2.108 kemudian berkurang 154 orang tanpa ada penambahan pasien baru.

Namun pada Sabtu (26/9) pasien OTG di tower 4 dan 5 bertambah 206 orang, lalu pada Minggu (27/8) berkurang 109 orang, sehingga pasien total OTG berjumlah 2.250 orang.

Data terbaru hari ini, Senin (28/9) pasien di tower 4 dan 5 berkurang dari hari sebelumnya menjadi 2.091 orang.

Lihat juga: Tata Cara Pasien Covid-19 Isolasi di RSD Wisma Atlet
Sementara total kapasitas hunian di tower 4 dan 5 dipersiapkan untuk menampung 3.116 orang pasien tanpa gejala. Untuk tower 6 dan 7 sendiri tersedia hunian untuk 2.614 orang, dan telah terisi sebanyak 2.545 orang berdasarkan data hari ini. (ds/sumber CNNIndonesia.com)