press enter to search

Minggu, 25/10/2020 20:40 WIB

Ayo, WFH Sambil Berkebun

Redaksi | Rabu, 30/09/2020 10:07 WIB
Ayo, WFH Sambil Berkebun Warga DKI Jakarta Setelah Menerima 2 Bibit. Dok: laman media sosial DKPKP

JAKARTA (aksi.id) - Tidak sedikit karyawan yang mengeluh bekerja dari rumah selama masa PSBB, karena bekerja dari rumah seringkali menimbulkan kejenuhan.

Salah satu cara untuk mengantisipasi kejenuhan bisa dengan bercocok tanam atau merapihkan taman yang mungkin selama ini terbengkalai.

Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman merupakan UPT Dinas KPKP yang memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait penyediaan benih dan bibit tanaman serta pengendalian hama penyakit tanaman (proteksi tanaman).

Kebutuhan benih dan bibit tanaman baik benih padi, bibit tanaman biofarmaka (tanaman obat), tanaman sayuran dan tanaman buah-buahan disediakan di 14 kebun bibit yang tersebar di 5 wilayah kota Jakarta.

Kebun Ragunan sebagai salah satu kebun bibit yang berlokasi di Jalan Harsono RM menjadi lokasi perbanyakan bibit tanaman buah-buahan.

Di kebun ini terdapat pohon induk buah-buahan seperti durian, mangga, belimbing, alpukat, jambu biji, rambutan dan lain-lain dengan total 326 pohon yang merupakan sumber perbanyakan bibit buah-buahan. Setiap tahun rata-rata dapat diproduksi 7.000 bibit.

Kebun Bibit Ragunan memiliki luas 23.235 meter persegi dan dikelola oleh 7 orang PJLP yang bertugas melakukan perbanyakan bibit, merawat pohon induk, memelihara bibit tanaman dan menjaga kebersihan kebun.

Menurut laman situs media sosial Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, selain memproduksi bibit buah-buahan, di lokasi ini juga terdapat kantor Kepala UPT P2BPT. Masyarakat yang mengajukan permohonan bibit dapat datang langsung ke kantor dengan membawa photo copy KTP dan KK atau menunjukkan surat persetujuan permohonan bibit dari Kepala Dinas KPKP.

Satu KTP warga DKI Jakarta dapat diberikan 2 bibit tanaman dengan cara langsung mendatangi lokasi kebun.

Apabila diperlukan bibit lebih dari 2 sampai dengan 10 pohon, masyarakat harus mengajukan permohonan kepada Kepala UPT, tetapi apabila lebih dari 10 pohon, masyarakat wajib mengajukan permohonan kepada Kepala Dinas KPKP, dan masyarakat dapat mengambil bibit di lokasi yang sudah ditunjuk.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, masyarakat dapat mengajukan permohonan bibit secara online melalui http://openstreetmap.id/dkpkp dan bibit akan dikirim melalui jasa pengiriman, tetapi biaya pengiriman ditanggung oleh pemohon.

Selain melayani permohonan bibit tanaman, Kebun Bibit Ragunan juga menjadi pusat pelatihan perbenihan. Masyarakat, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum bisa belajar tentang perbanyakan bibit tanaman.(sumber: laman situs media sosial DKPKP/Della)

Artikel Terkait :

-