press enter to search

Jum'at, 23/10/2020 00:10 WIB

Tim PKM Unsam Langsa Ajari Masyarakat Racik Hand Sanitizer

Fahmi | Rabu, 30/09/2020 22:04 WIB
Tim PKM Unsam Langsa Ajari Masyarakat Racik Hand Sanitizer Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Samudra (UNSAM) Langsa, Aceh bersama mahasiswa, melakukan sosialisasi penggunaan dan pembuatan Hand Sanitizer di Desa Rantau Panjang, Karang Baru, Aceh Tamiang.

ACEH TAMIANG (Aksi.id) - Memasuki New Normal atau masa era adaptasi kebiasaan baru pandemi Covid-19, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Samudra (UNSAM) Langsa, Aceh, melakukan sosialisasi penggunaan dan pembuatan Hand Sanitizer kepada warga di Desa Rantau Panjang, Karang Baru, Aceh Tamiang, Rabu (02/09/2020).

Dalam acara juga dilakukan penyerahan hand sanitizer kepada seluruh warga di desa tersebut yang berjumlah 182 kepala keluarga oleh ketua Tim PKM UNSAM, Tengku Putri Lindung Bulan, S.E., M.Si yang didampingi oleh Yusnawati, S.T., M.T dan Mauliza, S.Pd, M.Pd sebagai anggota Tim PKM UNSAM.

Bulan mengatakan bahwa sosialisasi ini diberikan kepada Ibu-Ibu dan remaja wanita guna untuk mengantisipasi dampak Corona Virus Disease (Covid-19) di daerah tersebut.

“Kegiatan diawali dengan sosialisasi tentang penggunaan Hand Sanitizer lalu dilanjutkan dengan pembuatan Hand Sanitizer yang sesuai dengan standar WHO (World Health Organization),” kata bulan Rabu (30/9/2020).

 Proses pembuatan handsanitizer oleh Mauliza dibantu oleh mahasiswa.

Proses pembuatan handsanitizer oleh Mauliza dibantu oleh mahasiswa.

Adapun pemateri sosialisasi disampaikan oleh Mauliza. Warga yang hadir pada acara menyambut dengan antusias kegiatan tersebut.

“Ditengah ramai-ramainya pandemi corona, pembuatan hand sanitizer ini sangat penting untuk mencegah dari pencemaran dari virus-virus. Semoga masyarakat kami bisa secara mandiri membuat hand sanitizer agar lebih hemat, bahkan bisa memiliki nilai ekonomis bila dijual lagi,” ujar Ibu Datok Penghulu Desa Rantau Panjang, Thaibah.

Kegiatan tersebut berhasil menciptakan 300 botol hand sanitizer. Tim PKM membagi hand sanitizer tersebut kepada peserta sosialisasi dan kepada seluruh masyarakat kampong tersebut.

Tim PKM UNSAM Langsa berharap, dari hasil sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi salah satu bentuk pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Desa Rantau Panjang khususnya, dan umumnya di daerah Kabupaten Aceh Tamiang. (fhm)